Lenza Nasional | Lenza Nasional | Profesional Membidik Fakta

Profesional Membidik Fakta

Budi Satrio Terduga Teroris, di Tembak Mati Densus 88 Saat Melakukan Perlawanan

Istri Budi Satrio Bekerja di Departemen Agama Jawa Timur

0 447
Rumah terduga teroris Budi Satrio (Foto : LN/Istimewa)

Sidoarjo,LenzaNasional.com – Densus 88 Antiteror menggerebek rumah di kawasan Perumahan Puri Maharani, Masangan Wetan Sukodono, Sidoarjo, Senin (14/5) pagi. Dua terduga teroris ditembak mati karena melawan. Salah satu terduga teroris itu adalah Budi Satrio.

Menurut pengakuan warga setempat, Budi tinggal bersama istrinya, Wikoyah. Ketua RT 13 Supardi menjelaskan, Budi selama ini diketahui bekerja sebagai peracik sabun. Sementara istrinya, bekerja di Departemen Agama Provinsi Jawa Timur.

“Istrinya (Wikoyah) bekerja di Departemen Agama. Setiap pagi selalu diantar oleh Budi,” kata Supardi, Senin (14/5).

Supardi menjelaskan, Budi digerebek Anggota Densus 88 pagi tadi, sekitar pukul 07.30 WIB. Ia menyebut, sebelum digerebek, Budi telah mengantarkan istrinya ke Departemen Agama.

“Begitu pulang masuk rumah, Densus mulai berdatangan. Ada 6 mobil dan lebih dari 20 orang personel,” lanjut Supardi.

Supardi mengatakan, Budi sempat melakukan perlawanan. Sebab, ia sempat mendengar dua kali suara ledakan dari dalam rumah.

“Itu tetangganya di suruh masuk dulu semua enggak ada yang boleh keluar. Rumahnya dia kan kekunci, didobrak, nah terdengar dua kali suara tembakan,” tambah Supardi.

Menurut Supardi, pasangan suami istri itu hanya tinggal berdua di Puri Maharani sejak tahun 2006. Sejauh yang ia tahu, Budi dan Wikoyah tak memiliki anak.

“Sebelumnya tinggal di Surabaya. Enggak punya anak. Biasanya pukul 09.00 WIB pagi keluar rumah mengantarkan sabun,” lanjut Supardi.

Lokasi penggerebekan terduga teroris Sidoarjo. (Foto: LN)

Budi juga dikenal warga yang ramah dengan tetangganya. Ia cukup sering mengikuti kegiatan RT seperti kerja bakti. Sebelum bekerja sebagai peracik sabun, Budi yang merupakan lulusan ITS ini bekerja sebagai pengajar di SD Al Hikmah Surabaya.

“Kalau RT sering ikut, enggak tertutup banget orangnya. Cuma enggak pernah ikut kegiatan kalau yasinan,” papar Supardi.

Sementara itu, Wikoyah juga cukup aktif berkegiatan dengan warga. Wikoyah berada di Polda Jawa Timur untuk diamankan.

Berikut peta 7 lokasi teror di Surabaya dan Sidoarjo :

7 Lokasi Teror Surabaya dan Sidoarjo (Foto : LN)

BACA JUGA : Densus 88 Geledah Rumah Terduga Teroris di Malang

Sementara itu, Kabid Humas Polda Jawa Timur Kombes Pol. Frans Barung mengatakan, Budi pernah membesuk salah satu narapidana teroris Dedi Rofaizal yang ditahan di Lapas Tulung Agung. Dedi juga merupakan salah satu anggota jaringan teroris Mujahidin Indonesia Barat (MIB) pimpinan Abu Roban yang sudah berbaiat kepada ISIS.

“Dia merupakan yang membesuk bersama 2 pelaku bom Surabaya lainnya,” kata Frans.

Frans, Densus 88 melakukan penindakan terharap 7 orang terduga teroris, dua di antaranya ditembak mati di Sidoarjo. Ketujuh orang itu merencanakan penyerangan di Sidoarjo dan Jakarta. Selain itu, anggota Densus juga telah mengamankan beberapa barang yang diduga bahan peledak dari dalam rumah. (Phank).

Comments
Loading...

Network LNM Media Center


This site is protected by wp-copyrightpro.com

error: Content is protected by LenzaNasional !!