Lenza Nasional | Lenza Nasional | Profesional Membidik Fakta

Profesional Membidik Fakta

Desa Bulo-Bulo Kabupaten Jeneponto Adakan Pemilihan Pengurus BPD

0 134

Jeneponto, LenzaNasional.Com – Pemilihan pengurus dan anggota badan permusyawaratan Desa (BPD) Desa Bulo-Bulo priode tahun 2018-2024 berjalan aman, tertib  dan terkendali, acara tersebut diselenggarakan belum lama ini, bertempat di kantor Desa – Bulo Bulo, Kec. Arungkeke kabupaten Jeneponto provinsi sulawesi Selatan.

Rapat di Hadir oleh Kabid Pemdes Kabupaten Jeneponto Syahrul Kalepu, SE, anggota polsek Arungkeke, perwakilan dari Camat Arungkeke, tokoh Masyarakat, tokoh Agama, tokoh Pemuda dan Tokoh Wanita serta LSM dan Insan Pers dan sejumlah undangan lainnya dari tiga dusun.

Pemilihan pengurus dan anggota BPD Desa Bulo-Bulo berjalan sangat Demokrasi dan sesuai mekanisme Regulasi yang ditetapkan oleh Undang-undang No.6 Tahun 2014 tentang Desa dan perpunya, mereka yang terpilih adalah Muhammad Syahid,SE sebagai Ketua BPD, Rahmad Tomo. Spd. Wakil Ketua. Junaeda.S.Ag. Sekretaris BPD. Kemudian Bidang pemerintahan di jabat oleh Firman Nakku, Bidang Pembangunan dan Pemberdayaan dijabat oleh Nurhayati. Anggota Anggota ; Baharuddin, Burhanuddin Bonto, Afandi dan Surianti.

Pengurus Badan Permuayawaratan Desa (BPD) masa bakti tahun 2018-2024.

Kepala Desa Bulo-Bulo Andi Asri Indrajaya.SH, dalam sambutannya mengatakan bahwa sehubungan dengan berakhirnya masa jabatan pengurus BPD Desa Bulo Bulo, maka kami selaku pemerintah Desa Bulo Bulo yang baru berjalan Tiga Bulan pemerintahan saya, namun karena desakan dari masyarakat agar segera melaksanakan pergantian pengurus BPD.

Selanjutnya Asri menjelaskan  bahwa kegiatan tersebut di dasari dengan surat dari Kepala Kantor Pemdes Kabupaten Jeneponto yang pada intinya memberikan petunjuk untuk melaksanakan Musyawarah Pemilihan Pengurus BPD untuk masa bakti tahun 2018-2024.

“Saya selaku pemerintah Desa mengapresiasi kinerja panitia dengan segala kesungguhan dan keterbatasan, namun mampu laksanakan Musyawarah ini dengan baik dan saya berharap kepada para peserta musyawarah agar dapat mengusulkan nama nama calon yang akan bersedia untuk dipilih sebagai pengurus dan anggota BPD, tentunya yang masing masing dari tiga dusun mengajukan calon untuk dipilih, begitu pula pengurus dan anggota BPD yang nantinya terpilih agar benar benar bekerja secara profesional dan proporsional, agar BPD dapat bersinergi dengan Kepala Desa sehingga semua program program akan berjalan dengan baik”, kata Asri.

Senada dengan itu Kepala Bidang Pemerintahan Desa kabupaten jeneponto Syahrul Kalepu,SE dalam sambutannya mengatakan bahwa BPD yang sekarang ini jauh berbeda dengan BPD sebelumnya. BPD sekarang Regulasinya sudah di atur dalam undang undang no.6 tahun 2014 tentang desa disitu sudah jelas fungsi tugas dan peranan serta tanggung jawab BPD.

“Regulasi itu kita sudah sampaikan ke kepala Desa masing masing, oleh karenanya BPD dalam menjalankan tugasnya sebagai pengawas pembangunan dan pemerintahan Desa memang dibutuhkan sinergitas dengan kepala desa. Saya bangga karena musyawarah ini sudah memenuhi dan terwakilkan dari tiga Dusun tentunya ada keterwakilan gender itu 30%.Karena itu saya berharap agar para anggota BPD harus benar benar merespon menerima dan menyampaikan aspirasi masyarakat bawah yang diwakilinya”, ungkapnya.

Lebih lanjut Syahrul katakan bahwa Pengurus dan anggota BPD wajib berkantor dan itu kan ada sekretariatnya, segala biaya untuk pengadaan fasilitas sarana dan prasarana di bebankan pada anggaran Dana Desa maupun sumber lain oleh kepala Desa, seperti yang disampaikan kepala Desa bahwa Kantor BPD itu harus dipakai tiap hari kerja, tutup Syahrul. (Abd.Rahman Syam)

Comments
Loading...

Network LNM Media Center