Lenza Nasional | Lenza Nasional | Profesional Membidik Fakta

Profesional Membidik Fakta

Dispendukcapil Sidoarjo selesaikan Akta Kelahiran Dan Akta Kematian Hanya 30 Menit

0 1.339

 

Sidoarjo,LenzaNasioanal.Com – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Sidoarjo menyelenggarakan terobosan layanan jemput bola pembuatan Akta Kelahiran dan Akta Kematian di wilayah Masyarakat Kota Udang.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Sidoarjo Drs. Medi Yulianto M.Si. melalui Kepala Bidang Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan Drs. Oskar Basong mengatakan, demi meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat , saat ini pihaknya melakukan pelayanan administrasi kependudukan “Jemput Bola” ke tiap-tiap Kecamatan , salah satunya Kecamatan Tarik, Rabu (14/03/2018).

“Ini merupakan salah satu upaya inovasi dari kami dalam mempercepat kepemilikan dokumen kependudukan . Bebas retribusi/gratis dalam pembuatan Akta Kelahiran (Usia 1 hari sampai 18 tahun) dan Akta Kelahiran (Tidak dibatasi usia), untuk waktu proses pembuatannya sangat cepat yakni “langsung jadi” bagi 50 pemohon pertama yang persyaratan dokumennya lengkap dan benar,” tutur Oskar saat dikonfirmasi di ruang kerjanya.

Menurutnya program tersebut telah dimulai serta diuji coba sejak tahun lalu dan pelayanannya di pusatkan di Kantor Kecamatan. Layanan jemput bola ini bertujuan demi memudahkan masyarakat dalam hal keperluan yang berhubungan dengan catatan sipil agar lebih terjangkau.

Masih dikatakan Oskar, segala persyaratan dan ketentuan dalam pembuatan akta tersebut tetap berlaku. Asal persyaratnya lengkap dan benar maka diusahakan Akta langsung jadi hari itu juga, asalkan saat pelayanan berlangsung listriknya tidak padam. (Iphank)

Comments
Loading...

Network LNM Media Center