Lenza Nasional | Lenza Nasional | Profesional Membidik Fakta

Profesional Membidik Fakta

Dua Pamen Itwasum Polri Mengecek Kesiapan Polda Bali Dalam Mengamankan Pilkada Serentak

0 145

BALI.LenzaNasional.Com – Polda Bali,Senin (05/03/2018) Dua Pamen Inspektorat Pengawasan Umum (Itwasum) Polri, tiba di Polda Bali. Kedatangan Kombes Pol.Drs.Bejo Sulaksono, S.H., dan Kombes Pol.Bambang Pristiwanto, S.H.,M.H.,untuk mengecek kesiapan Polda Bali dalam mengamankan Pilkada serentak, Polri sebagai penanggungjawab keamanan atas penyelenggaraan Pilkada serentak telah melaksanakan operasi kepolisian dengan sandi “Ops Mantap Praja Agung-2018”.

Tim Wasops Itwasum Polri ini diterima Brigjen Pol. Drs. I Gede Alit Widana, S.H., M.Si.,Wakapolda Bali, Kombes Pol. Drs. Wahyono, M.Hum.,Irwasda Polda Bali dan Karo Ops Polda Bali
Kombes Pol. Drs. I Nyoman Sumanajaya di ruang tamu pimpinan. Kemudian tim diarahkan menuju Posko Ops Mantap Praja Agung yang berada di lantai I Gedung Biro Ops Polda Bali untuk mengecek sekaligus memberikan arahan kepada para pejabat operasi, mulai dari Karendalops, Kaopsda, Wakaopsda, Kasatgas, Kaposko hingga Kapusdataopsda.

Selaku Karendalops Mantap Praja Agung-2018 Kombes.Pol.I Nyoman Sumanajaya memaparkan kesiapan Polda Bali dalam mengamankan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati di Provinsi Bali. Dijelaskannya bahwa situasi keamanan Bali ditahap kampanye ini, masih aman dan kondusif.

Terwujudnya situasi tersebut, tidak terlepas dari langkah-langkah Kepolisian Daerah Bali dalam menciptakan suasana agar suhu politik tetap sejuk hingga akhir tahapan Pilkada. Ada delapan kegiatan yang sudah dilakukan, diantaranya pergelaran personel Ditsabhara, latihan Sispamkota, megibung Kamtibmas, tatap muka TNI-Polri dengan penyelenggara Pilkada, olahraga bersama, deklarasi Pilkada damai, seminar dengan civitas akademika dan seminar dengan media.

Polda Bali juga akan menggelar Kejuaraan Tenis Meja Terbuka se-Bali “Kapolda Cup Tahun 2018” dengan tema “Menyongsong Pilkada Damai”. Kejuaraan ini digelar mulai dari tanggal 9 sampai dengan 11 Maret 2018 dan akan diikuti oleh kedua Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Bali, paket KBS-Ace dan Mantra-Kerta.

“Kejuaraan ini bukan untuk mencari hadiah. Filosofi dari olahraga bersama ini adalah kedua Paslon harus siap menang dan siap kalah. Diharapkan saat pesta demokrasi berlangsung pada tanggal 27 Juni mendatang, kedua kandidat bisa menerima hasil penghitungan suara dengan kebesaran hati, sehingga situasi tetap aman dan kondusif,” terang Kombes Pol. Drs. I Nyoman Sumanajaya.

Kombes Pol. Drs. Bejo Sulaksono, S.H.,Ketua Tim Wasops mengucapkan terima kasih kepada jajaran Polda Bali yang sudah siap mengamankan Pilkada serentak tahun 2018. Hal ini membuktikan bahwa penerapan manajemen operasi di Polda Bali, mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan dan pengendalian (renorlakswasdal) sudah dilaksanakan dengan sangat baik.

“Ada 171 daerah di Indonesia yang akan melaksanakan Pilkada serentak di tahun 2018 ini. Digelarnya Operasi Mantap Praja Agung adalah untuk mengamankan seluruh tahapan Pilkada sehingga Pilkada serentak dapat berjalan dengan aman, damai, demokratis dan berintegritas serta sesuai dengan amanat peraturan perundang-undangan,” ujar Kombes Pol. Drs. Bejo Sulaksono, S.H.

Agar dinamika operasi dapat berjalan sesuai Renops yang telah dibuat, seluruh Kasatgas harus ikut turun ke lapangan untuk mengendalikan anggotanya ketika ada kegiatan kampanye. Selain tetap berkoordinasi dengan instansi lainnya, masing-masing Satgas harus bersinergi agar pola pengamanan yang dilakukan tepat dan efektif.

“Setiap mengawali dan mengakhiri tugas pengamanan kegiatan kampanye, para Kasatgas agar melakukan cek dan ricek untuk memastikan pengamanan sudah berjalan dengan baik dan sesuai prosedur. Usai melaksanakan pengamanan kampanye, harus tetap melaksanakan Anev (analisa dan evaluasi). Hasil anev itu dijadikan refrensi untuk pengamanan selanjutnya,” pungkasnya.(LN/Ki Bedil).

Comments
Loading...

Network LNM Media Center