Lenza Nasional | Lenza Nasional | Profesional Membidik Fakta

Profesional Membidik Fakta

Kanim Kelas I Khusus Surabaya Terbitkan Sebanyak 2.797 Paspor CJH Tahun 2018

0 132

 

Surabaya,LenzaNasional.com – Sebanyak 2.797 paspor diterbitkan Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Surabaya untuk Calon Jamaah Haji (CJH) reguler Tahun 2018, sesuai dengan ketentuan peraturan Direktur Jenderal Imigrasi Nomor IMI-1081.IZ.03.10 Tahun 2011 tentang penerbitan paspor biasa bagi calon jamaah haji.

Penyerahan paspor secara simbolis dilakukan oleh Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Surabaya (Kanim Surabaya) Tarmin Satiawan kepada perwakilan Calon Jamaah asal Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo, Kota Mojokerto dan Kabupaten Mojokerto. Selasa (10/4/18).7

Dalam sambutannya Tarmin Satiawan mengatakan, bahwa penyelesaian paspor haji untuk tahun 2018 berjalan lebih cepat. Penyelesaian tersebut atas kerjasama maupun kesiapan dari Kantor Kementerian Agama (Kemenag) di masing-masing Kota maupun Kabupaten, terutama dalam hal memfasilitasi sarana buat pihaknya. Selain itu, lanjut Tarmin, tahun ini kami menerapkan pola menjemput bola (Sistem Mobile) dalam melayani para CJH sehingga proses penerbitan paspor haji bisa berjalan dengan efektif.

“Alhamdulillah, Kita dari Kanim Surabaya sangat bersyukur untuk pengurusan paspor haji tahun ini bisa lebih cepat. Saya doakan para calon haji kita menjadi haji yang mabrur,” ujar mantan Wartawan Biro Kota Medan ini.

Dia merincikan data calon haji 2018 dari hasil kerjasama dan koordinasi dengan pihak Kementerian Agama Jawa Timur (sesuai dengan wilayah kerja).
Untuk kuota calon jamaah asal Kota Surabaya sebanyak 1.200 jamaah, pengajuan paspor baru 756 orang, pergantian paspor 185 orang, perubahan nama paspor 10 orang, paspor yang belum diproses sebanyak 246 orang, ditolak system 1 orang dan paspor yang telah selesai sebanyak 847 orang.

Selanjutnya untuk kuota calon jamaah asal Kabupaten Sidoarjo sebanyak 1.693 jamaah, pengajuan paspor baru 1.205 orang, pergantian paspor 199 orang, perubahan nama paspor 11 orang, paspor yang belum diproses sebanyak 276 orang, ditolak system 2 orang dan paspor yang sudah terselesaikan sebanyak 991 orang.

Sementara untuk kuota calon jamaah asal Kota Mojokerto sebanyak 104 jamaah, pengajuan paspor baru 75 orang, pergantian paspor 22 orang, paspor yang belum diproses sebanyak 7 orang dan yang sudah terselesaikan sebanyak 92 orang.

Terakhir, lanjut Tarmin merincikan, bahwa untuk kuota calon jamaah asal Kabupaten Mojokerto sebanyak 1.030 jamaah, pengajuan paspor baru 940 orang, pergantian paspor 89 orang, perubahan nama paspor 7 orang dan paspor yang telah selesai sebanyak 847 orang.

Selain itu, lebih lanjut Tarmin menerangkan, bahwa untuk paspor yang telah diterbitkan tersebut merupakan paspor bagi calon haji reguler, sedangkan untuk kuota tambahan akan segera diselesaikan sebelum menjelang bulan ramadhan. Sementara, terdapat juga paspor calon jamaah yang ditangguhkan dan mengalami perubahan data. Hal tersebut disebabkan karena syarat atau ketentuan paspor yang telah ditentukan oleh peraturan Dirjen Imigrasi dengan Nomor IMI-1081.IZ.03.10 Tahun 2011.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Surabaya Dr. Haris Hasanudin, M.Ag mengapresiasi kinerja yang ditunjukkan oleh Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Surabaya, sebab pengurusan paspor calon jamaah lebih cepat dari yang diperkirakan sebelumnya.

“Saya sangat senang dan bahagia karena Kanim Surabaya telah menyelesaikan paspor hijau ini lebih awal. Dibandingkan dengan daerah lain, saya rasa Jatim untuk tahun ini bahkan lebih cepat. Saya bersyukur karena ini bukan hanya penyelesaian tugas saja, tetapi juga dalam rangka ibadah,” pujinya.

Ditambahkannya, kesuksesan pembuatan paspor haji terwujud berkat adanya koordinasi yang baik antara Kantor Imigrasi sebagai penerbit paspor dengan Kantor Kementerian Agama di masing-masing Kabupaten/Kota. Selain dari itu semua, ini merupakan berkat hasil buah pikir dari Kepala Kanim Kelas I Khusus Surabaya yang telah menerapkan pola menjemput bola (Sistem Mobile) dalam proses penerbitan paspor calon haji tahun ini.
“Ini semua sesuai dengan harapan, saya berharap para calon jamaah haji nantinya bisa menjadi haji yang mabrur dan bersiap untuk melaksanakan ibadah haji tahun ini ,” pungkasnya. (Phank)

Comments
Loading...

Network LNM Media Center