Lenza Nasional | Lenza Nasional | Profesional Membidik Fakta

Profesional Membidik Fakta

Keluarga Besar Sulawesi Selatan Berduka, Ichsan Yasin Limpo Meninggal Dunia di Jepang

0 76

Makassar, Lenzanasional.com – Keluarga besar Sulawesi Selatan Berduka, Ichsan Yasin Limpo (IYL), tokoh Sulsel, meninggal karena penyakit kanker paru-paru.

Ichsan Yasin Limpo berpulang kerahmatullah pada pukul 07.35, waktu Jepang, selasa 30 Juli 2019.

Sebelum meninggal, IYL selama beberapa bulan terakhir berjuang melawan kanker yang dideritanya. Dia sempat mendapatkan perawatan di Singapura dan kemudian berpindah ke Jepang.

Ichsan sempat menjabat Bupati Gowa selama dua periode dan merupakan generasi emas dari keluarga Limpo.

IYL juga diketahui aktif sebagai Ketua Palang Merah (PMI) Sulsel dan sempat memimpin Kabupaten Gowa selama dua periode dari 2005 hingga 2015. Kakak mantan Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo ini disebut-disebut sebagai generasi emas dari keluarga Limpo.

Karir Ichsan diketahui lebih banyak berkutat di bidang politik. Sebelum maju di Gowa, dia sempat duduk di DPRD Provinsi Sulsel dari 1999 hingga 2005. Pada 2015, dia digantikan anaknya, Adnan Purichta, yang duduk menjadi Bupati Gowa.

Darah politik Ichsan mengalir dari ayahnya, Kolonel H M Yasin Limpo alias Yasin Daeng Limpo. Ia meninggal pada 4 Agustus 2009. Yasin merupakan orang kuat di Sulawesi Selatan. Ia adalah pejabat sementara gubernur. Sebelumnya, ia menjabat bupati di tiga kabupaten di Sulawesi Selatan.

IYL adalah tokoh yang disegani di Sulsel dan merupakan saudara dari mantan Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Tidak hanya itu, IYL juga sempat bertarung di Pilgub Sulsel pada tahun 2018 lalu. Sayangnya, dia harus mengakui kemenangan Nurdin Abdullah (NA) yang meraih suara terbanyak. (Dg.Sitaba)

Comments
Loading...

Network LNM Media Center