Lenza Nasional | Lenza Nasional | Profesional Membidik Fakta

Profesional Membidik Fakta

Kementrian PUPR Gandeng Pemdes Laksanakan Program Sanitasi

0 129

BOGOR,Harnasnews.Com  – Menyusul masih banyaknya penduduk Indonesia yang masih menggunakan septic tank yang berada di rumah atau bangunan (on site), terlebih lagi di pedesaan masih banyak masyarakat yang buang air besar di kebun, badan air dan sungai maka Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mendorong Pemerintah daerah dan masyarakat untuk meningkatkan pengelolaan air limbah.

Dengan menggandeng pihak dari desa – desa, Kementerian PUPR melaksanakan program kegiatan infrastruktur sanitasi masyarakat, yaitu pemasangan septic tank individu bagi masyarakat, salah satunya bagi warga desa Bojong Murni Kecamatan Ciawi Kabupaten Bogor.

Dengan adanya program ini diharapkan akan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk tidak buang air besar sembarangan, selain itu dengan adanya pemasangan septic tank individu ini nantinya akan bisa mengurangi pencemaran air bawah tanah dan juga dalam rangka ramah lingkungan.

Hendar Iman Nurjat selaku Kepala Desa Bojong Murni tentu saja menyambut baik adanya program ini, karena sedikit banyak dapat membantu meringankan beban warga yang dalam kondisi tidak mampu untuk pembuatan septic tank individu.

Untuk wilayah Kecamatan Ciawi sendiri ada empat desa yang sudah menerima program dari PUPR sendiri, diantaranya desa Bojong Murni, Bendungan, Teluk Pinang dan Banjarwangi.

Sementara itu Kaur Pembangunan desa Bojong Murni, Madun saat di temui di kantornya beberapa waktu yang lalu menjelaskan kepada awak media bahwa, untuk desa Bojong Murni sendiri terdapat 50 Kepala Keluarga yang mendapatkan bantuan ini.i

“Yaitu warga Kp. Bojong Rt. 09 dan Rt. 10, tapi itu terbagi menjadi tiga tahap, untuk tahap satu 20 KK, tahap dua 20 KK dan sisanya tahap tiga,” jelasnya.

Sebelumnya pihaknya telah sosialisasikan kepada warga yang akan menerima, untuk pelaksana sendiri kita libatkan Kelompok Swadaya Masyrakat ( KSM ), juga akan secepatnya melakukan pemasangan.

“Dengan daya tampung 1200 liter diharapkan akan dapat mengurangi pencemaran air bawah tanah, karena septic tank ini juga sudah dilengkapi dengan filter penyaringan,” ungkap Madun. (Apih)

Comments
Loading...

Network LNM Media Center