Lenza Nasional | Lenza Nasional | Profesional Membidik Fakta

Profesional Membidik Fakta

Menteri Agama Lepas Keberangkatan Kloter Pertama Jemaah Haji Embarkasi Surabaya

0 254

Surabaya,LenzaNasional.com – Menteri Agama Lukman Hakim Syaifudin melepas kloter pertama calon jemaah haji (CJH) Embarkasi Surabaya dari Asrama Haji Sukolilo Surabaya. Sebanyak 450 calon kelompok terbang (Kloter) pertama Embarkasi Surabaya atau SUB 01, siap diterbangkan menuju Tanah Suci, dari Bandara Internasional Juanda, Surabaya, pada Selasa (17/7/2018).

Turut hadir dalam pelepasan calon jemaah haji kloter SUB 01, Wakil Ketua Komisi VIII Hamka Haq, Dirjen Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan RI Kirana Pritasari, Sekretaris Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Muhajirin Janis, Kakanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur Syamsul Bahri, Kakanwil Kemenkumham Jatim Susy Susilawati, serta sejumlah pejabat Imigrasi Surabaya, pejabat daerah Kabupaten Situbondo, dan Provinsi Jawa Timur.

Dalam sambuntannya, Menag Lukman Hakim Syaifudin berpesan agar jemaah haji mematuhi semua panduan yang telah dikeluarkan pemerintah. Menurutnya, kepatuhan jemaah penting agar mereka dapat melaksanakan ibadah haji dengan maksimal dan optimal.

“Pelajari betul panduan yang telah dikeluarkan oleh pemerintah. Dalam hal ini, panduan yang telah dikeluarkan oleh Kemenag, Kemenkes, dan lembaga berwenang lainnya,” pesan Lukman.

Lukman mengingatkan jemaah haji agar dapat menjadi duta-duta bangsa selama di Tanah Suci. Sebab, selain masyarakat di Tanah Air, apapun perilaku jemaah haji Indonesia juga akan dilihat masyarakat dunia.

“Pesan saya, pandai-pandai menempatkan diri. Karena kita hakekatnya adalah teladan bagi yang lain,” ujarnya.

Baca Juga : Umat Islam Wajib Tahu!!! Kemenag Cabut Izin 26 Travel Umrah

Selain itu, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin juga mengajak jemaah haji Indonesia agar mendoakan negara dan bangsa Indonesia.

“Karena bapak dan ibu akan berada di tempat yang mustajab, dan di waktu yang mustajab juga, mohon doakan negara dan bangsa Indonesia ini agar kita semakin mampu meningkatkan kesejahteraan kita,” ajak Lukman.

Sementara itu, Kepala Kanwil Kemenag Jawa Timur Syamsul Bahri mengatakan bahwa, pada tahun 1439H/2018M, Embarkasi Surabaya akan melayani 37.055 jemaah haji. “Ada tiga provinsi yang dilayani, Jawa Timur, Bali, dan NTT,” kata Syamsul Bahri.

Dalam laporannya, Syamsul Bahri yang juga merupakan Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Jawa Timur, menyatakan bahwa jemaah haji tersebut terdiri dari 35.210 calon jemaah haji asal provinsi Jawa Timur, 700 calon jemaah haji asal provinsi Bali, dan 670 calon jemaah haji asal provinsi NTT.

“Akan ada 10 kloter lain yang akan diberangkatkan hari ini dari lima embarkasi lainnya. Jadi total ada 11 kloter dari seluruh Indonesia yang berangkat hari ini,” katanya.

Mereka yang akan berangkat pada hari pertama berasal dari embarkasi Surabaya/SUB (3 kloter), Padang/PDG (1 kloter), Lombok/LOP (1 kloter), Solo/SOC (4 kloter), Jakarta – Pondok Gede/JKG (1 kloter), serta Makassar/UPG (1 kloter).

“Tahun ini, total ada 37.055 jemaah yang akan diberangkatkan dari Embarkasi Surabaya. Mereka berasal dari Jawa Timur, Bali, dan NTT,” pungkasnya. (Phank).

Comments
Loading...

Network LNM Media Center


This site is protected by wp-copyrightpro.com

error: Content is protected by LenzaNasional !!