Lenza Nasional | Lenza Nasional | Profesional Membidik Fakta

Profesional Membidik Fakta

Pengembangan Wisata Bahari di Kabupaten Bangkalan Bakal Menjadi Daya Tarik

0 154
Fathor

 

BANGKALAN,Harnasnews.Com -Belakangan ini wisata bahari kian menjadi primadona bagi pemerintah kabupaten/kota di Indonesia. Hal ini dapat dimengerti karena memang banyak wilayah yang memiliki daerah pesisir.

Sejak diberlakukannya sistem desentralisasi, telah membuka peluang bagi setiap daerah untuk mengoptimalkan setiap sumber daya yang ada. Namun sayangnya tidak semua pemerintah daerah dapat mengopimalkan wisata bahari itu digali dengan maksimal. Padahal, dengan tumbuhnya potensi bahari tersebut berdampak kepada peningkatan sector ekonomi mikro.

Guna mewujudkan itu semua, Ketua Yayasan Bintang Mas Wisata, Fathorrokhman, berkomitmen mengembangkan potensi wisata bahari yang ada di Kabupaten Bangkalan dengan menggandeng pemerintah daerah.

Halitu dilakukan mendorong untuk menggali setiap potensi dalam rangka meningkatkan pendapatan asli daerahnya (PAD) selain itu dapat menarik minat wisatawan manca negara (Wisman)

“Sesuai hasil survei yang dilakukan oleh sejumlah study bahwa Bangkalan miliki objek wisata bahari yaitu Selat Madura dapat dijadikan sebagai ancolnya Jakarta atau Nusa Duanya Pulau Dewata Bali, dengan demikian Objek Wisata Bahari selat Madura yang dimiliki kabupaten Bangkalan merupakan sumber daya alam yang sangat potensial untuk dikembangkan,” ungkap Fathor, Senin, (30/10).

Jenis studi yang digunakan dalam penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif dimana penelitian ini berupaya menggambarkan partisipasi masyarakat terhadap pengembangan potensi Wisata Bahari di kepulauan Madura sebagaimana kebijakan pemerintah dalam pengembangan potensi Wisata Bahari di setiap kabupaten/kota.

Untuk memperdalam analisis data yang berkaitan dengan kebijakan pengembangan Pariwisata Bahari di seluruh tanah air. Untuk itu, pihaknya akan melakukan wawancara secara mendalam dengan Informan kunci dengan penggunaan alat penelitian verbal (tape recording), untuk memperoleh data-data yang diperlukan dalam penelitian ini menjadi lengkap.

“Data yang diperoleh dari lapangan, baik data sekunder maupun primer akan disusun dan disajikan dan dianalisis dengan menggunakan pendekatan kualitatif berupa pemaparan yang kemudian di analisis dan di narasikan sesuai dengan masalah penelitian. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa kepedulian masyarakat untuk menjaga dan terlibat dalam usaha jasa pariwisata maka hal tersebut sudah bisa dianggap telah berpartisipasi,” jelasnya.

Sesuai dengan tujuan dari partisipasi yaitu menciptakan kondisi yang kondusif atau dengan kata lain bahwa partisipasi masyarakat dalam pengembangan wisata Bahari di Bangkalan, memang sangat dilibatkan. Dari penelitian ini juga bisa disimpulkan beberapa hal yaitu, potensi bahari merupakan aset yang luar biasa terhadap pembangunan kabupten khususnya dalam pengembangan wisata bahari.

Dalam mengembangkan daerah wisata maka pihaknya meminta Pemkab Bangkalan mengeluarkan beberapa kebijakan yang memang isinya sangat konsen terhadap pengembangan pariwisata di Bangkalan.

Selain itu Fathor juga akan menggandeng dinas koperasi dan UMKM agar bisa bersinergi meningkatkan ekonomi kerakyatan. (Sul)

Comments
Loading...

Network LNM Media Center