Lenza Nasional | Lenza Nasional | Profesional Membidik Fakta

Profesional Membidik Fakta

Presiden Jokowi Tinjau Pembangunan Tol Rembang-Pasuruan

0 321
Presiden Joko Widodo (tengah) saat meninjau lokasi proyek tol Gempol-Pasuruan Seksi 2 dan Seksi 3, Sabtu (12/5/18)

Pasuruan,LenzaNasional.com – Pembangunan Jalan Tol Gempol-Pasuruan mendapat perhatian serius oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi). Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam peninjauan ini di antaranya, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Gubernur Jatim Soekarwo, Sabtu (12/05/18).

Presiden Jokowi terlebih dahulu meninjau pembangunan ruas jalan tol Gempol-Pasuruan (Gempas) seksi 2. Ruas tol seksi 2 itu pada Lebaran 2018 mendatang diharapkan sudah masuk proses laik operasi sehingga dapat digunakan masyarakat.

“Kita ingin memastikan penggunaan jalan tol untuk mudik. Tadi sudah kita pastikan dari Merak sampai di Pasuruan sudah bisa dipakai untuk mudik meskipun ada beberapa kilometer yang masih fungsional, tapi sudah bisa dipakai. Kita harapkan nantinya lebaran yang akan datang kelancaran lalu lintas kita harapkan bisa lebih baik,” ujar Jokowi.

Presiden mengatakan, bahwa segala hal yang berkaitan dengan pembangunan infrastruktur jalan tol tidak ada permasalahan. Setelah melihat progres yang positif dari pengerjaan tol ini, Jokowi yakin tahun ini dari, Merak-Pasuruan bisa beroperasi dan digunakan untuk kebutuhan mudik lebaran secara fungsional.

“Yang paling penting adalah kebutuhan warga menjelang lebaran. Mereka jauh-jauh dari luar jawa untuk pulang kampong ke Jawa atau sebaliknya, pasti ingi mendapatkan kemudahan akomodasi maupun transportasi. Dengan selesainya Merak-Pasuruan, maka secara otomatis membantu masyarakat,” kata Jokowi usai meninjau lokasi tol.

Baca Juga : Presiden Jokowi Serahkan 3.973 Sertifikat Tanah Untuk Warga Jawa Timur

 

Jokowi menjelaskan, selain Merak-Pasuruan, untuk ruas tol Pasuruan-Probolinggo, Jokowi yakin dapat beroperasi pada akhir tahun ini, lantaran pada bulan Juni nanti, pemerintah akan mulai melakukan pembebasan lahan dari Probolinggo – Banyuwangi serta diikuti oleh pembangunan konstruksi bisa berjalan.

“Saya berharap, pada 2019 akhir, jalan tol dari Merak-Banyuwangi bisa digunakan oleh masyarakat,” tegasnya.

Menurut dia, pengoperasian ruas jalan tol Gempas seksi 2 tersebut nantinya akan memberikan pilihan bagi para pemudik yang akan melintas di jalur Pantura Surabaya-Pasuruan. Ruas jalan tol Gempas yang bisa dilalui musim Lebaran mendatang yakni seksi 1 Gempol-Rembang dan seksi 2 Rembang-Pasuruan.

“Masyarakat bisa memilih yang jalan arteri Pantura atau pilih jalan tol. Ada pilihan berarti, biasanya kan hanya satu. Ini sekarang ada dua, berarti lebih lancar logikanya,” tuturnya.

Adapun ruas tol Gempas seksi 2 yang ditinjau Presiden kali ini menghubungkan Rembang dan Pasuruan sepanjang 6,6 kilometer. Jalan tol ini merupakan bagian dari Tol Trans Jawa yang ditargetkan selesai pada akhir tahun 2019.

Sebelumnya, dalam kunjungan kerjanya di Jawa Timur, Presiden Jokowi juga telah meresmikan Umat Mart (Ummart) di Ponpes Bayt Al Hikmah, Krampyangan, Kota Pasuruan serta pembagian 3.973 sertifikat tanah di GOR Sasana Krida Anoraga, Raci, Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan. (Phank)

Comments
Loading...

Network LNM Media Center


This site is protected by wp-copyrightpro.com

error: Content is protected by LenzaNasional !!