Lenza Nasional | Lenza Nasional | Profesional Membidik Fakta

Profesional Membidik Fakta

WALHI Jatim Menilai Gubernur Khofifah Tak Komitmen Jaga Lingkungan

0 172

Surabaya, Lenzanasional.com – Wahana Lingkungan Hidup (WALHI) Jawa Timur menyoal keseriusan Pemerintah Provinsi Jatim terkait upaya menyelamatkan ruang hidup rakyat. Puluhan aktivis WALHI itu menyuarakannya dengan menggelar aksi di depan kantor Gubernur Jatim di Jalan Pahlawan, Surabaya, Kamis (1/8/2019).

Melontarkan kritik, menilai pemberian penghargaan Pelaksanaan Pengelolaan Lingkungan Hidup kepada PT Bumi Suksesindo (BSI), sebagai operator pertambangan emas Tumpang Pitu, Banyuwangi. Pemberian penghargaan di puncak acara peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia di Kompleks Pelabuhan Perikanan Pantai Mayangan Probolinggo, Minggu (28/7/2019) lalu, ditudingkan sebagai wujud ketidakseriusan Gubernur Khofifah menjaga lingkungan.

“Penghargaan tersebut menjadi bukti Gubernur Khofifah tidak menunjukkan komitmen perlindungan terhadap keselamatan rakyat, khususnya di pesisir selatan Jatim,” kata Direktur WALHI Jatim, Rere Christianto.

Rere menyebut, kegiatan pertambangan di wilayah itu telah menimbulkan gejolak penolakan di masyarakat terdampak, dan merasakan ancaman kerusakan ekologis dengan beroperasinya pertambangan PT BSI.

Dampak kegiatannya diantaranya terjadi banjir lumpur sepanjang Agustus-September 2016, yang menyebabkan kerusakan ekosistem di Pulau Merah. Hancurnya lahan pertanian dan turunnya pendapatan di sektor pariwisata serta nelayan di Pantai Pulau Merah.

“Banjir disebabkan kerusakan kawasan hulu gunung Tumpang Pitu adanya aktivitas pertambangan emas. Padahal sebelumnya wilayah tersebut merupakan hutan lindung,” terangnya.

Ancaman perluasan pertambangan di Jatim adalah problem nyata yang menghantui masyarakat sekitar. Data yang dihimpun melalui Korsup KPK (Koordinasi-Supervisi Komisi Pemberantasan Korupsi) untuk Pertambangan Mineral dan Batubara, menunjukkan bahwa per 29 Agustus 2016, jumlah IUP di Jatim mengalami penurunan dibanding data Kementerian ESDM di tahun 2012 yaitu dari 378 IUP di tahun 2012 menjadi 347 IUP di tahun 2016.

Namun secara substansial terdapat peningkatan signifikan terhadap luasan lahan pertambangan. Jika di tahun 2012 luas lahan pertambangan di Jatim hanya sekitar 86.904 hektar, maka pada tahun 2016 tercatat luasan lahan pertambangan di Jatim mencapai 551.649 hektar.

“Artinya jika merujuk dalam dua dokumen tersebut, maka kenaikan jumlah lahan pertambangan di Jatim mencapai 535 persen hanya dalam rentang waktu 4 tahun saja,” tambah lelaki itu.

Rere juga menyebut, sebelumnya, konflik terkait kegiatan pertambangan di wilayah selatan Jatim sudah berulang kali terjadi. Mulai dari rencana pertambangan emas di Silo, Jember yang mendapat penolakan warga, tambang emas di wilayah Trenggalek, tambang pasir besi pantai Jolosutro di Blitar, pantai Wonogoro di Kabupaten Malang. Hingga di wilayah selatan Lumajang yang memakan nyawa seorang pejuang lingkungan bernama Salim Kancil.

“Pemberian penghargaan kepada industri ekstraktif pertambangan, tentu menjadi pertanyaan besar. Kawasan selatan Jatim telah lama menjadi kawasan budidaya, baik pertanian maupun kawasan tangkapan perikanan. Aktivitas pertambangan yang eksploitatif, rakus lahan dan rakus air akan merugikan kebutuhan masyarakat sekitar,” katanya.

Menurut catatan WALHI Jatim, dalam enam tahun terakhir (2013-2018), eskalasi bencana ekologis di Jatim terus menerus meningkat. Pada tahun 2013 jumlah bencana ekologis tercatat ada 233 kejadian, jumlah ini terus meningkat hingga pada tahun 2018 tercatat setidaknya ada 455 kejadian bencana ekologis. Bencana ekologis adalah akumulasi krisis ekologis yang disebabkan oleh perlakuan yang tidak ramah terhadap lingkungan dan gagalnya sistem pengurusan alam.

“Kawasan selatan Jatim, seharusnya terus dijaga dan dipertahankan menjadi kawasan lindung dan konservasi guna mengantisipasi bencana yang mungkin timbul,” tegasnya. [Red]

Comments
Loading...

Network LNM Media Center


This site is protected by wp-copyrightpro.com

error: Content is protected by LenzaNasional !!