Lenza Nasional | Lenza Nasional | Profesional Membidik Fakta

Profesional Membidik Fakta

Suasana Haru Warnai Perpisahan Muhammad Yanis Kadiv Imigrasi Jatim

0 250

Surabaya,Lenzanasional.com – Mutasi maupun Promosi sudah menjadi hal lumrah dan biasa dalam dinamika organisasi. Sebab pergantian jabatan adalah merupakan tour of duty yang bertujuan untuk memberikan pengalaman, selain itu hal tersebut juga merupakan bagian dari sistem pembinaan dan penataan struktur organisasi yang berkesinambungan.

Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Timur menggelar acara pisah sambut yang manis kepada Kadiv Imigrasi Muhammad Yanis. Dalam acara yang hangat tersebut, tongkat kendali Divisi Imigrasi resmi berpindah ke tangan kepada mantan Kadiv Imigrasi Kalimantan Tengah Zakaria. Kegiatan tersebut berlangsung di Hotel Garden Palace, Surabaya, Jumat, (6/4/18).

 

Kepala Kanwil Kemenkumham Jatim Susy Susilawati beserta para jajaran Kemenkumham Jatim, para Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Keimigrasian dan Ibu-ibu Dharma Wanita melepas kepergian putra betawi tersebut dengan menyumbangkan lagu perpisahan.

 

Selama kepemimpinannya, bapak Muhammad Yanis banyak melakukan terobosan-terobosan positif, salah satunya yakni, program pembentukan 300 Tim Pengawasan Orang Asing (Tim Pora) ditingkat kecamatan.

“Baru sebulan kerja, saya sudah ditantang oleh bu Kakanwil (Kakanwil Kemenkumham Jatim, Susy Susilawati) untuk menambah jumlah Tim Pora sebanyak itu,” kenang Yanis.

 

Namun, tantangan itu diterimanya. Tiap UPT Keimigrasian dikumpulkan. Setiap waktu tidak lepas dari kerja, Kerja, dan kerja. Pola kepemimpinannya pun lebih humanis.

Dalam perjuangan yang berbuah manis, Yanis mengatakan, bahwa pencapaian hasil tersebut berkat peran besar dari Kepala Kanwil Kemenkumham Jatim, sehingga semua target pun bisa terealisasi, bahkan melebihi target. Terhitung sampai akhir Maret 2018 sebanyak 601 Tim Pora sudah terbentuk, bahkan di Kota Surabaya Tim Pora sudah ada di tiap kecamatan.

“Terima kasih untuk bu Susy, berkat dorongan beliau saya bisa sampai seperti ini. Di sini kerja yang sebenar-benarnya kerja,” ungkapnya.

Selain itu, selama delapan bulan mengabdi di Jatim, masih banyak lagi hasil-hasil kerjanya. Tak pelak, kesuksesan pendahulunya itu menjadi sebuah beban sekaligus tantangan bagi bapak Zakaria. Dia pun mengaku siap untuk mengemban amanah yang baru.

Muhammad Yanis rencananya akan melanjutkan tugas baru sebagai Direktur Intelijen Keimigrasian pada Direktorat Jenderal Imigrasi Kemenkumham RI mulai senin mendatang (9/4). Muhammad Yanis resmi dilantik oleh Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, yang tertuang dalam surat Keputusan Menkumham Nomor M.HH-08.KP.03.03 Tahun 2018 tentang pemberhentian dan pengangkatan dari dan dalam jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di lingkungan Kemenkumham. (Phank)

Comments
Loading...

Network LNM Media Center