Lenza Nasional | Lenza Nasional | Profesional Membidik Fakta

Profesional Membidik Fakta

Turun Gunung , Kakanwil Kumham Jatim Pantau Pekerja Asing di Pabrik Gudang Garam

0 38

KEDIRI, Lenzanasional.com – Kanwil Kemenkumham Jatim terus memantau keberadaan orang asing di wilayah kerjanya. Bahkan, Pimti Pratama terjun langsung ke lapangan. Hari ini (27/6) mereka melakukan pengawasan orang asing yang bekerja di Pabrik Rokok Gudang Garam.

Satgas Tim Pengawasan Orang Asing (PORA) dipimpin langsung Kakanwil Kemenkumham Jatim Susy Susilawati. Dia ditemani Kadiv Administrasi Haris Sukamto, Plt. Kadiv Imigrasi Barlian, Kabag Umum Dewi Atmi Listyorini dan Kakanim Kediri Rakha Sukma Purnama.

Tim mengawali pengawasan dengan berkeliling ke lokasi produksi Sigaret Kretek Tangan (SKT) dan lokasi produksi Sigaret Kretek Mesin (SKM).

Seluruh pekerja yang berada di bagian SKT tidak menggunakan pekerja asing. Seluruhnya adalah WNI. Namun ketika melakukan pengawasan ke bagian SKM terlihat pekerja asing yang menjadi bagian dalam ruang produksi tersebut.

Tim juga secara langsung bertanya kepada pekerja asing terkait pekerjaan apa yang menjadi tanggung jawabnya dan berapa lama telah tinggal di Indonesia.

Susy mengungkapkan bahwa kegiatan ini adalah salah satu bentuk pengendalian yang dilakukan pihak Kanwil selaku instansi pembina. Dengan melakukan tinjauan langsung ke lapangan, pihaknya bisa mengukur dan mengetahui fakta langsung di lapangan.

“Kami ingin memastikan bahwa pengawasan orang asing dilakukan sesuai dengan prosedur yang ada,” ujar Susy.

Sementara itu, Kakanim Kediri, Rakha Sukma Purnama mengatakan bahwa, secara umum pekerja asing yang jumlahnya 13 orang di GG telah sesuai prosedur dalam hal administrasi. “Mereka semua adalah tenaga ahli,” jelasnya.

Rakha juga menekankan bahwa pihaknya terus melakukan operasi baik yang bersifat mandiri atau gabungan dengan Instansi lain di Kediri sehingga segala aktifitas orang asing dapat terpantau. (Red)

Comments
Loading...

Network LNM Media Center