Lenza Nasional | Lenza Nasional | Profesional Membidik Fakta

Profesional Membidik Fakta

LPK-GKN Siap Advokasi Pelaku UMKM

0111

JAKARTA, Lenzanasional.com – Lembaga Perlindungan Konsumen (LPK) Garda Konsumen Nasional (GKN) mendukung upaya pemerintah dalam meningkatkan pelaku Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) yang berbasis digital.

Pasalnya, ada beberapa fenomena yang harus menjadi perhatian pemerintah terkait dengan menjamurnya pelaku UMKM yang dinilai masih kerap mengabaikan imbauan soal pentingnya protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19.

“Pandemi Covid 19 ini sangat berdamapak terhadap ekonomi nasional, tentunya banyak karyawan yang terkena efesiensi dan beralih ke sektor ekonomi mikro. Untuk itu di tengah menjamurnya pelaku Usaha UMKM, kita sebagai LPK-GKN mendorong kepada pemerintah agar ikut berperan aktif melakukan monitoring sehingga konsumen tidak dirugikan,” kata Ketua Umum LPK-GKN Hidayat Tanjung kepada wartawan, di Medan, Rabu (3/2/2021).

Tanjung pun mengaku tidak memungkiri bahwa pandemi Covid-19 yang sudah hampir memasuki tahun pertama ini dampaknya sangat besar bagi pengusaha. Bukan hanya usaha makro, pelaku usaha mikro jgga ikut merasakan dampak yang signifikan.

Tanjung menegaskan bahwa digitalisasi bagi pelaku UMKM sudah menjadi suatu keniscayaan. Karena dalam menghadapi era revolusi industri 4.0 tentunya pelaku usaha disektor ril harus memanfaatkan situasi tersebut.

“Terlebih dalam penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau (PPKN) periode kedua yang dinilai masih belum efetif karena angka penyebaran Covid terus naik, ini tentunya harus menjadi perhatian serius. Oleh karenanya, penjualan yang berbasis online harus lebih ditingkatkan lagi,” imbau Tanjung.

Di situ, kata Tanjung, fungsi digitalisasi harus diterapakan di sektor UMKM, karena konsumen atau masyarakat tinggal memesan barang atau pun makanan melalui aplikasi berbasis online.

Pada kesempatan itu, Tanjung juga menghimbau masyarakat agar tetap menjaga protokol kesehatan, cuci tangan, jaga jarak, serta mengurangi kerumunan massa.

Karena, pencegahan Covid-19 ini bukan hanya tanggung jawab pemerintah, akan tetapi kesadaran masyarakat khususnya pelaku usaha juga diharapkan berperan aktif untuk menekan laju penyebaran virus yang telah menelan ribuan korban jiwa itu.

“Selain itu, kami juga akan mendorong kepada anggota dan pelaku UMKM mendukung program pemerintah dalam menyukseskan vaksinasi Covid 19, dan kami pun berharap agar pandemi Covid-19 segara berakhir dan ekonomi bangsa kita kembali pulih,” pungkas Tanjung. (Red)

Comments
Loading...

Network LNM Media Center


This site is protected by wp-copyrightpro.com