Lenza Nasional | Lenza Nasional | Profesional Membidik Fakta

Profesional Membidik Fakta

Mempererat Silaturrahmi, BPW KKSS Jawa Timur Mengunjungi Perkampungan Bugis di Muncar Banyuwangi

0 146

Banyuwangi, Lenzanasional.com – Menjaga Silaturahmi di Dunia rantau merupakan salah satu pesan dan kekuatan bagi Kerukunan keluarga Sulawesi Selatan. Ini yang dilakukan Ketua Badan Pengurus Wilayah (BPW) Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) Jawa Timur Brigjen TNI. Mar (Purn) Amiruddin Harun, ketika mengunjungi Perkampungan Bugis di Muncar Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur, sabtu, (7/12/2019)

Kunjungan Amiruddin Harun ini dalam rangka membangun silaturahmi dan mempereratkan hubungan sesama warga Bugis di dunia rantau.

Dalam kunjungannya Amiruddin Harun juga bertemu dengan para pengurus Badan Pengurus Daerah KKSS Kabupaten Banyuwangi, untuk membangun jaringan dan saling membesarkan sesama warga bugis di perantauan menjadi keharusan.

Selain membangun silaturrahmi, antar warga perantauan bugis makassar yang ada di Kabupaten Banyuwangi, BPW KKSS Jawa Timur juga melakukan konsolidasi organisasi.

“Kami hadir disini, selain bersilaturrahmi dengan pengurus BPD KKSS Kabupaten Banyuwangi, kunjungan ini sekaligus melaksanakan agenda konsolidasi organisasi KKSS untuk mematangkan
dan menjalankan program-program organisasi, sekaligus menyerap aspirasi para perantau Bugis Makassar yang berdomisili di Kabupaten Banyuwangi”, ujar Amiruddin.

Amiruddin berpesan kepada warga perantau bugis makassar yang ada di Banyuwangi, mari kita jaga adat istiadat kita ditanah rantau, karena orang Bugis Makassar di rantau sangat mampu beradaptasi dengan lingkungan dimana mereka berkediaman, kehadirannya banyak mewarnai dinamika dan eksistensi masyarakat setempat.

Amiruddin juga memberi pesan filosofi buat perantau bugis makassar, dalam bahasa bugis.

“Rebba sipatokkong, mali siparappe’, sirui me’nre tessurui nok, malilusipakainge, maingeppi mupaja. (Rebah saling menegakkan, hanyut saling mendamparkan, saling menarik ke atas dan tidak saling menekan ke bawah, terlupa saling mengingatkan, nanti sadar atau tertolong barulah berhenti)”.

Diartikan dalam bahasa Indonesia “Pesan agar orang selalu berpijak dengan teguh dan berdiri kokoh dalam mengarungi kehidupan. Harus tolong-menolong ketika menghadapi rintangan, dan saling mengingatkan untuk menuju ke jalan yang benar. Hal itu akan akan tenwujud masyarakat yang aman dan sejahtera”, tandas Amiruddin.

Setelah melakukan Silaturrahmi dan konsolidasi organisasi di Banyuwangi, Rombongan Ketua BPW KKSS Jawa Timur Amiruddin Harun melanjutkan perjalanan menuju Jember. (din)

Comments
Loading...

Network LNM Media Center


This site is protected by wp-copyrightpro.com

error: Content is protected by LenzaNasional !!