ASEAN University Games ( AUG ) XXI – 2024 Dibuka Menpora RI

0 31

 

 

Surabaya , Lenzanasional— ASEAN University Games atau AUG XXI 2024 resmi dibuka oleh Menteri Pemuda dan Olahraga ( Menpora ) RI, Ario Bimo Nandito Ariotedjo pada Selasa, 25 Juni 2024 malam di International Basketball Arena, Universitas Negeri Surabaya ( UNESA ) Kampus 2 Lidah Wetan, Surabaya.

Atlet , Pelatih atau Official dari 11 Negara Anggota ASEAN tampak hadir memenuhi tribun. Mereka siap rebut medali dalam Pekan Olahraga Mahasiswa Tingkat Asia Tenggara yang berlangsung hingga 6 Juli 2024 di sejumlah Venue Surabaya dan Malang ( Suma ).

Menpora, Dito Ariotedjo menyampaikan rasa bangganya, karena Indonesia menjadi Tuan Rumah Pekan Olahraga Mahasiswa Tingkat Asia Tenggara untuk yang Kelima kalinya. Menurutnya , pembukaan AUG 2024 berjalan meriah dengan dihadiri seluruh Tim perwakilan dari Negara – negara ASEAN yang berkompetisi pada 21 Cabor.

Dia berterima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat mewujudkan Indonesia sebagai Tuhan Rumah AUG XXI 2024 dengan tema “Unity in Diversity” ini sehingga pembukaannya berjalan lancar. Harapannya, Event yang dihadiri ribuan Delegasi Negara ASEAN ini berjalan lancar dan sukses untuk penyelenggaraan maupun prestasinya.

“Kita harapkan ini bisa menjadi Penyatu dan Perekat Negara Asia Tenggara khususya seluruh Atlet dan Pelatih atau Official yang terlibat , sehingga bisa terjalin hubungan yang baru yang makin kuat dari Game ini,” ucapnya usai pembukaan.

Dia juga berharap AUG menjadi jembatan kemajuan bagi pengembangan talenta Olahraga di kalangan Perguruan Tinggi utamanya Indonesia, sehingga ke depan bisa terwujud talenta terbaik yang akan membanggakan Negara di Kompetisi Olahraga Tingkat Dunia.

President ASEAN University Sports Council ( AUSC ), Mohd. Ruslim Mohammed mengatakan, AUG merupakan wadah untuk melahirkan talenta terbaik Universitas yang tentu saja akan mewakili Negaranya dalam berbagai Event Olahraga Tingkat Dunia.

“AUG ini penting untuk mengembangkan dan memperkuat talenta Olahraga Universitas Antar – Negara. Selain itu, menumbukan Kompetensi Sosial dan Kerja Sama , Kolaborasi , serta memperkokoh Solidaritas antar Mahasiswa lintas Negara,” ucapnya.

Dia mangapresiasi jajaran Panitia dan pihak yang terlibat, karena AUG kali ini mencatatkan sejarah di mana seluruh Tim Delegasi dari 11 Negara turun di semua Cabor. “Seperti Cabor Athletics misalnya yang diikuti semua Negara. Artinya, semakin banyak Atlet yang terlibat dari tahun ke tahun,” ucapnya.

Ketua Pelaksana AUG XXI 2024, Nurhasan atau yang akrab disapa Cak Hasan mengatakan bahwa pihaknya bersama jajaran Kementerian Terkait , Pemda , Pemkot , hingga pimpinan Perguruan Tinggi yang ada di Jatim sudah mempersiapkan semuanya untuk kelancaran dan kesuksesan Event Olahraga Dua Tahunan sebagai Miniatur dari SEA Games ini.

Ada Empat kesuksesan yang diharapkan dari Event ini, yaitu sukses dari aspek penyelenggaraan, Prestasi , Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat , dan Kolaborasi antar Perguruan Tinggi antar Negara Anggota ASEAN.

“Setelah pekan AUG, Kerja Sama dan Kolaborasi tetap berlanjut seperti dalam bentuk Pertukaran ( Mobility Program ) maupun Dosen,” ucap Cak Hasan Rektor UNESA tersebut.

“Selain itu juga dalam bentuk Program Doble Degree antara Perguruan Tinggi Negara di ASEAN. Kolaborasinya tidak hanya di Bidang Olahraga dan Pengembangan Prestasi Olahraga, tetapi juga di bidang – bidang lain,” tambah Cak Hasan.

Sebagai informasi, AUG XXI 2024 mempertandingkan 21 Cabor yang dilaksanakan di Sembilan Perguruan Tinggi di Surabaya dan Malang hingga 6 Juli 2024. Penutupan nanti akan digelar di Universitas Negeri Malang ( UM ). Adapun Venue Cabang Olahraga ( Venue Cabor ) sebagai berikut.

Klaster Surabaya

Universitas Negeri Surabaya ( UNESA ): Futsal, Petanque, Volleyball, Tennis, Athletics, dan Basketball
KONI Jatim: Swimming, dan Sport Climbing
Universitas Airlangga (Unair): 3 X 3 Basketball, dan Judo
Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS): Handball
Universitas Surabaya (Ubaya): Wushu, dan Bridge
UPN Veteran Jatim: Chess

Klaster Malang

Universitas Negeri Malang (UM): Badminton, Archery, dan Beach Volleyball
Universitas Brawijaya (UB): Sepak Takraw, dan Taekwondo
Universitas Muhammadiyah Malang (UMM): Pencak Silat
Universitas Islam Malang (Unisma): Karate. ( Hum – Gus )

Comments
Loading...

This site is protected by wp-copyrightpro.com