Pemdes Tamberu Barat Salurkan Bansos Tahap Dua Berjalan Sukses

0 66

Sampang, Lenzanasional.com – Telah dilaksanakan Penyaluran Bantuan Sosial (Bansos) berupa Bantuan Pangan Non Tunai (BLT BBM), BPNT dan PKH, di Desa Tamberu Barat, Jum’at kemarin (25/11/2022).

Kepada wartawan, PJ. Kades Temberu Barat Abdul Haris menyampaikan bahwa, bantuan tersebut dikeluarkan oleh Kementerian Sosial (Kemensos) RI dua periode di tahun 2022 untuk Keluarga Miskin (KM).

“Sebelumnya, penyaluran periode pertama 2022 dilaksanakan tiga bulan yang lalu. Diketahui, para KPM tidak menerima bahan makanan, namun menerima bantuan uang tunai yang di distribusikan melalui PT Pos Indonesia,” kata Haris, Sabtu (26/11).

Pada periode pertama, kata Haris, para penerima manfaat membelanjakan sendiri uang itu di warung sembako. Menurutnya, warungnya bebas memilih, asalkan sesuai dengan Pedoman Umum (Pedum) yang dikeluarkan Kementerian Sosial.

“Penyaluran BPNT oleh PT. Pos Indonesia Cabang Kec. Sokobanah di Desa Tamberu Barat, berjalan sukses,” ucapnya.

Lebih lanjut, PJ Kades Tamberu memaparkan bahwa, PT. Pos Indonesia mempermudah penyaluran BPNT kepada Keluarga Penerima Memfaat (KPM) di Desa Tamberu Barat.

“Sebab, pihak PT. Pos Indonesia selalu berkomunikasi dengan Pemdes Tamberu Barat, dalam nemberikan undangan kepada masyarakat penerima Bansos.

Dia pun melanjutkan bahwa, penyaluran BLT BBM preiode tahap dua juga mengalami sukses dan tidak ada keluhan dadi masyarakat.

“Ada tiga bentuk bantuan yang disalurkan. Yakni, BLT BBM, BPNT, dan PKH. Semua bantuan adalah program pemberian bantuan sosial bersyarat yang diperuntukan bagi Keluarga Miskin (KM),” terangnya.

Masih kata Haris, penerima bantuan sudah terdata oleh Pemerintah, dan sudah ditetapkan sebagai keluarga penerima manfaat PKH. “Hal ini sebagai upaya percepatan penanggulangan kemiskinan,” jelasnya.

Sesuai apa yang saya sampaikan pada waktu pembukaan balai Desa Tamberu Barat, kata Haris, saya ingin memaksimalkan sistem pemerintahan dengan menghidupkan kembali fungsi-fungsi Perangkat Desa. “Bila semua sudah tercapai tentunya pelayanan bisa dirasakan oleh masyarakat Tamberu Barat,” tuturnya.

Secara terpisah, Carek (Sekdes) Tamberu Barat, Kholis juga menyampaikan, penyaluran berjalan lancar sesuai dengan prosedur dan tepat sasaran kepada KPM.

Dari 293 jiwa yang terdaftar sebagai penerima Bansos di desa Tamberu Barat, kata Kholis, Alhamdulillah, hadir semua.

Kepada KPM, Kholis menegaskan, apabila mengetahui ada oknum memotong bantuan yang akan disalurkan tolong sampaikan kepada kami.

“Harapan saya semoga kedepan Desa Tamberu barat lebih baik dan maju,” pungkasnya. (Anam)

Comments
Loading...

This site is protected by wp-copyrightpro.com