Lenza Nasional | Lenza Nasional | Profesional Membidik Fakta

Profesional Membidik Fakta

Petugas Imigrasi Bandara Juanda Tetap Siaga Selama Libur Lebaran

Gema Takbir dan Profesionalisme Petugas Imigrasi Bandara Juanda

0359
Tatang Suheryadin Kabid Darinsuk (Kiri),bersama Kasi Unit-B Junaidi, saat memeriksa dokumen para penumpang di terminal kedatangan Bandara Juanda (Foto : Abu Fatih)

Surabaya,LenzaNasional.com – Momen Lebaran berpotensi meningkatkan kedatangan Warga Negara Indonesia (WNI) dari negara tetangga. Seperti dari Singapura dan Malaysia.

Kondisi tersebut juga bakal berdampak pada urusan terkait keimigrasian. Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Jatim telah mengantisipasinya. Yakni dengan mempersiapkan peningkatan pelayanan dan kesiapan sumber daya Manusia (SDM) di internal Imigrasi.

Kepala Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Timur, Zakaria, SH, MH, menyampaikan, saat ini sistem pelayanan di imigrasi terus diperbaiki. Sekarang ada 19 counter pelayanan Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) di terminal kedatangan dan keberangkatan Bandara International Juanda Surabaya.

“Untuk SDM, petugas yang berada di pintu kedatangan diharapkan bisa menjaga determinasi kerja sehingga tidak memperlambat sistem. Antisipasinya dari sistem dan SDM yang ada. Mudah-mudahan tidak ada stagnansi dalam pelayanan kami terhadap warga yang mudik ke Indonesia,” kata Zakaria melalui ponsel selulernya, Kamis (14/6/18).

Sementara itu, Terminal 2 Bandara International Juanda sudah dipadati pemudik sejak Rabu (13/6/18) dini hari. Kepadatan paling terlihat di pintu-pintu kedatangan. Kepadatan terjadi sejak pukul 04.00 WIB. Rata-rata penumpang yang datang mudik lebaran adalah para Tenaga Kerja Indonesia (TKI), mereka mengambil penerbangan sore, mulai dari pukul 15.00 sampai 20.00 WIB.

Selama libur lebaran hingga tepat hari H lebaran, layanan Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) di Bandara Internastional Juanda tetap berjalan seperti biasa. Hal tersebut ditegaskan oleh Kepala Bidang Pendaratan dan Izin Masuk (Darinsuk) Kanim Surabaya, Tatang Suheryadin, SH, M.Si, Kamis (14/6/18).

“Kami tetap membuka pelayanan selama liburan lebaran. Para petugas TPI tetap masuk dan berjalan seperti biasa,” ujar mantan putra Bupati Garut pada tahun 1979 silam ini.

Menurut Tatang, pelayanan akan tetap berjalan seperti biasanya mengingat Imigrasi adalah instansi pelayanan masyarakat dan tentunya hal ini akan memudahkan kepentingan masyarakat dan proses keimigrasian tetap dapat berjalan lancar.

“Petugas piket untuk pelayanan pada saat cuti bersama / lebaran idul fitri telah dibentuk untuk tetap standby di Tempat Pemeriksaan Imigrasi Bandara Juanda,” ucap Kabid Darinsuk.

BACA JUGA : Arus Balik TKI Meningkat di Bulan Ramadhan, Imigrasi Bandara Juanda Tambah Jam Pelayanan

Tatang menjelaskan, selama cuti lebaran para petugas Iimigrasi Bandara Juanda tetap masuk. Para personel Imigrasi yang ada tidak boleh melebihi sepertiga dari kekuatan yang cuti nantinya.

“Petugas Imigrasi yang cuti lebaran ini sedikit sekali jumlahnya, tidak sampai seperempat dari jumlah pegawai Imigrasi yang ada,” jelas Tatang.

Sedangkan untuk pengawasan di pintu-pintu masuk bandara maupun TPI, lanjut Tatang, masih tetap berjalan normal.

“Setiap hari selalu ada pergantian untuk piket di pengawasan. Demikian juga TPI akan tetap dijalankan seperti biasa. Kekuatan kami tidak akan berkurang walaupun ada yang cuti,” katanya.

Mendekati lebaran nantinya, pintu-pintu masuk dan keluar seperti misalnya di Terminal penumpang kedatangan dan keberangkatan, tetap akan diberikan pelayanan yang maksimal.

“Selama jelang lebaran, kami tambahkan personel di titik seperti Terminal 1 dan Terminal 2 yang padat penumpang. Penambahan personel tersebut untuk mengantisipasi arus mudik maupun balik,” terang Tatang.

Penambahan akan diberikan ke Terminal 1 maupun Teminal 2 yang biasanya akan membludak jumlah penumpang yang mudik dan arus balik nantinya.

“Rata-rata penambahan personel sebanyak 50 persen dari kuota biasanya. Ada juga yang ditambahkan hingga 100 persen dari jumlah personel biasanya,” pungkasnya. (Phank).

Comments
Loading...

Network LNM Media Center


This site is protected by wp-copyrightpro.com