Prodi S2 Pendidikan Olahraga FIKK UNESA Gandeng Diknas Kab Probolinggo Dalam PKM Edukasi Penulisan Artikel Ilmiah dan Publikasi Bagi Guru PJOK

0 35

 

Surabaya – Lenzanasional – Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam pendidikan sangat pesat dan dinamika masyarakat yang semakin menuntut keterampilan seseorang untuk beradapatasi dan terus mengembangkan diri.

Guru perlu mendapatkan materi terkini berkaitan dengan tema penulisan Artikel Ilmiah yang dapat menunjang Kompetensi Profesional untuk mendukung kinerja dengan ikut berperan didalamnya menyebarluaskan karya – karya yang dibuat. Sebagai salah satu persyaratan wajib kenaikan pangkat dan golongan , menulis dan mempublikasi Artikel Ilmiah menjadi satu hal penting untuk Guru , terutama bagi Guru – guru yang hendak mengajukan kenaikan pangkat.

Program Studi S2 Pendidikan Olahraga Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan Universitas Negeri Surabaya , menggandeng Dinas Pendidikan Kabupaten Probolinggo untuk melakukan kegiatan PKM dengan Tema Pengembangan Kompetensi guru.

PKM yang diselengggarakan di SMP Negeri 1 Bantaran Probolinggo pada hari Selasa, 11 Juni 2024 dihadiri oleh Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Bantaran Probolinggo, Khuzairi, S.Pd., MM, Pembina MGMP PJOK Vistandiyo Tri Aquarianto, M.Pd, peserta anggota MGMP dan KKG PJOK Kabupaten Probolinggo serta Tim PKM dari Program Studi S2 Pendidikan Olahraga FIKK Unesa yaitu Dr. Heryanto Nur Muhammad, S.Pd.,M.Pd., Dr. Nur Ahmad Arief, S.Pd.,M.Pd. dan Sri Wicahyani, S.Pd.,M.Pd.
Salah satu permasalahan dalam pengembangan profesionalisme Guru selama ini terkait dengan persoalan penulisan dan penerbitan karya ilmiah melalui Jurnal Ilmiah.

Masalah yang sering terjadi yaitu:

1. Guru kurang memiliki motivasi menulis dan mempublikasikan karya ilmiah.

2. Kesibukan Guru terhadap kewajiban administrasi pembelajaran membuat guru terlena untuk melakukan pengembangan diri.

3. Guru kurang memahami bagaimana kaidah penulisan artikel yang baik dan proses publikasi dan pemilihan jurnal ilmiah agar memiliki poin angka kredit untuk pengajuan kenaikan pangkat.

Dengan adanya kegiatan PKM ini diharapakan dapat menjadi pemantik bagi Guru untuk memulai menulis dan bersemangat dalam berkarya.

Dr. Taufiq Hidayat, S.Pd.,M.Kes. selaku Koordinator Prodi S2 Pendidikan Olahraga menyatakan dalam acara pembukaan , bahwa keterampilan menulis Artikel Ilmiah ini dapat menjadi langkah awal bagi Guru agar termotivasi untuk melakukan berbagai jenis penelitian yang kemudian dituangkan dalam sebuah Artikel Ilmiah.

Pelaksanaan PKM dilakukan dengan Pelatihan dan pendampingan yang mana pada Sesi Pelatihan dipaparkan materi secara Demonstrasi dan Diskusi. Sedangkan pada pendampingan dilakukan oleh Tim dengan metode pembimbingan jarak jauh untuk memberikan kesempatan bagi Guru melakukan Konsultasi terkait penulisan Artikel dan Publikasi.

PKM ini juga memberikan kontribusi terhadap Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan dengan melakukan perjanjian kerjasama dan berkolaborasi dengan Guru yang tergabung dalam MGMP dan KKG di Kabupaten Probolinggo dalam upaya peningkatan Kompetensi Guru yang Profesional.( Hum – Gus )

Comments
Loading...

This site is protected by wp-copyrightpro.com