Tim Karate Jatim Latih Tanding Dengan Timnas Korea Sekaligus Untuk Meningkatkan Prestasi Atlet

0 22

 

Surabaya , Lenzanasional – Tim Karate Jawa Timur Proyeksi Pekan Olahraga Nasional ( PON ) XXI – 2024 Aceh – Sumatera Utara mendapat kesempatan emas berlatih tanding dengan Enam Atlet Timnas Korea di Gedung Dojo Karate Dispora Jatim, Surabaya, Selasa 9 Juli 2024.

Dalam kesempatan ini, total ada Enam Karateka asal Korea Selatan yang melakukan uji tanding dengan Enam Atlet Nomor Kumite asal Jatim.

Pelatih Karate Jatim, Umar Syarief mengatakan, kesempatan ini didapat karena memang Timnas Korea sedang menjalani program persiapan menjelang Kejuaraan Asia, sejak 1 – 10 Juli 2024.

Kesempatan tersebut kemudian dimanfaatkan oleh Jatim untuk mempersiapkan diri sebelum PON. Utamanya, menambah jam terbang bertanding para Atlet.

“Dengan kesempatan ini kami ingin adaptasi dengan Style berbeda. Intinya semua cabang kembali ke Mental , nah ini perlu jam terbang banyak Spearing dengan Level Tinggi,” ungkap Umar usai latih tanding.

Dari hasil uji tanding tersebut, mantan Atlet Timnas Indonesia itu mengaku, para Atlet bisa memahami gaya tarung berbeda dari tiap Karateka. Sehingga, saat PON nanti mereka telah siap menghadapi Gaya Tarung Atlet lain.

“Kalau taktik hampir sama saja, dari latih tanding ini bagaimana mereka bisa membaca permainan lawan, bagaimana ngambil momen tendang, kemudian bagaimana cara Defend terus Counter Attack,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua KONI Jatim M Nabil yang menyaksikan langsung mengaku senang dengan Latih Tanding ini bisa menambah kualitas persiapan para Atlet sebelum PON.

“Ini salah satu upaya untuk beradaptasi sekaligus unjuk kemampuan dan agar tidak gugup di PON. Ini upaya maksimal Karate bisa menemukan lawan tanding Representatif dengan Timnas Korea semoga bisa meningkatkan prestasi Atlet kita,” kata Nabil.

Dengan ini, ia pun menaruh harapan cukup tinggi bagi Karate untuk bisa berkontribusi memberi medali Emas lebih banyak dari dua Emas yang diraih saat PON Papua.( Red – Gus )

Comments
Loading...

This site is protected by wp-copyrightpro.com