Farrel Armandio Tangkas Sumbang Emas untuk Kontingen Indonesia di AUG XXI – 2024

0 35

 

Surabaya , Lenzanasional – Renang Kontingen Indonesia mendulang sukses di 21th ASEAN University Games 2024 Surabaya – Malang. Mereka berhasil menambah pundi medali bagi Merah Putih usai mendulang 5 Emas , 1 Perak , dan 2 Perunggu pada hari pertama multievent Olahraga Mahasiswa Regional Asia Tenggara 26 / 5 / 2024.

Sukses tersebut salah satunya dipersembahkan oleh Farrel Armandio Tangkas. Perenang kelahiran 22 Desember 2001 ini tak hanya unggul di antara para rivalnya ketika turun di lintasan 200 m Gaya Punggung. Ia juga mampu mengalahkan Jetlag sekembalinya ke Tanah Air usai menjalani Training Camp ( TC ) selama 2 bulan di Amerika Serikat.

Farrel tampil tercepat usai membukukan catatan waktu 2 menit 1,7 detik. Farrel disusul perenang Thailand Kanteemool Tonnam (Thailand ) dengang catatan waktu 2 menit 5,95 detik dan perenang Malaysia Hii Puong Wei dengan waktu 2 menit 7,46 detik.

“Saya tidak menyangka sebenarnya bisa mendapat medali emas di hari pertama ini. Soalnya saya baru dua hari yang lalu pulang ke Indonesia setelah TC di Amerika. Jadi masih jetlag karena perbedaan waktunya 11 jam, sehingga kalau mengikuti waktu di Amerika, perlombaan sekarang ini masih jam tidur di sana,” ujar Farrel.

Ia mengatakan belajar banyak dari Kondisi Jetlag yang dihadapinya. Terutama beradaptasi dengan waktu dan cuaca jelang perlombaan. Farrel mengatakan ia berusaha kuat melawan rasa kantuknya tersebut.

“Jujur ini baru pertama menghadapi Jetlag di perlombaan. Kunciku tetap berpikir positif dan maksain gak tidur meski ngantuk di siang hari. Tapi medali Emas ini berarti untuk aku karena menjadi penyemangat untuk beberapa pertandingan ke depan,” kata Farrel.

Selain Farrel, ada Lima Atlet Renang Kontingen Indonesia lainnya yang juga baru kembali dari Amerika dan mampu meraih medali. Adalah Angel Gabriella Yus yang mampu mendapatkan medali Perak usai turun di Nomor 200 m Gaya Punggung Putri. Sebagai informasi, hanya Farrel dan Angel yang baru kembali dari AS dan turun di hari pertama AUG 2024.

Angel membukukan 2 menit 21,35 detik. Ia kalah rekan sesama Kontingen Indonesia, yaitu Flairene Candrea Wonomiharjo yang mencatatkan 2 menit 20,85 detik. Sementara medali Perunggu didapatkan Denphaetcharangkul Worranat dengan 2 menit 32,60 detik.

Flairene sendiri mengaku puas dengan prestasinya. Sebab, Emas tersebut didapat dalam periodesasi latihan pra – pertandingan.

“Sebenarnya belum dalam peak perfomance, tetapi Pelatih gym aku juga gak stop ngasi program latihan 3 kali seminggu. Jadi sesungguhnya aku di AUG ini gak berekspetasi lebih karena kondisi gak se-fit biasanya. Targetku itu lebih ke menguji mental, percaya diri dan jangan meragukan diri sendiri. Puji Tuhan aku bisa membukukan waktu sebagai mana Beat Time aku dan mendapatkan Emas ini,” kata Flairene.

*Hasil Cabor Renang di AUG 2024 :
GOLD
1. Swimming – Women’s 400 m Freestyle atas nama Izzy Dwifaivah Hefrisyanthi
2. Swimming – Men’s 50 m Breaststroke atas nama Andi Muhammad Nurrizka Febrianto
3. Swimming – Women’s 200 m Backstroke atas nama Flairene Candrea Wonomiharjo
4. Swimming – Men’s 200 m Backstroke atas nama Farrel Armandio Tangkas
5. Swimming – Women’s 4 x 200 m Freestyle Relay atas nama Izzy Dwifaivah Hefrisyanthi, dkk

SILVER
1. Swimming – Women’s 200 m Backstroke atas nama Angel Gabriella Yus

BRONZE
1. Swimming – Women’s 400 m Freestyle a.n. Serena Karlita Muslim ( Bronze )
2. Swimming – Women’s 50m Breaststroke atas nama Nurita Monica Sari. ( Red – Gus )

Comments
Loading...

This site is protected by wp-copyrightpro.com