Lenza Nasional | Lenza Nasional | Profesional Membidik Fakta

Profesional Membidik Fakta

Manfaatkan TI Dalam Persuratan, Kanim Surabaya Raih Peringkat Pertama

0293

Surabaya,LenzaNasional.com – Guna meningkatkan efektivitas dan efiseiensi pengelolaan persuratan, pemanfaatan teknologi informasi melalui penggunaan Aplikasi Sistem Surat Masuk dan Surat Keluar (Sisumaker), sangat mempermudah komunikasi secara tertulis berbasis elektronik, khususnya di lingkungan Direktorat Jenderal Imigrasi.

Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Surabaya (Kanim Surabaya), memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, serta mengaplikasikannya dalam proses penyelenggaraan e-government.

Terbukti, Kanim Surabaya meraih penghargaan peringkat pertama untuk kategori “Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pelaksanaan Tugas dan Fungsi Untuk Mendorong E-Government (Sisumaker)”, dari Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Provinsi Jawa Timur, Susy Susilawati, pada Rapat Koordinasi (Rakor) percepatan capaian kinerja SemesteI II Tahun 2018, di Hotel Ketapang Indah Banyuwangi pekan lalu.

Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Jatim, Zakaria, memberikan apresiasi kepada Kanim Surabaya atas prestasi tersebut. Ini merupakan bentuk komitmen dari Kanim Surabaya dalam mensukseskan dan mewujudkan e-gov PastiNyata.

“E-gov PastiNyata adalah tema yang saat ini diusung untuk menggambarkan bahwa seluruh aktivitas kinerja jajaran Kemenkumham diarahkan pada penggunaan piranti teknologi informasi,” ucap Zakaria, Selasa (24/7/18).

Zakaria berharap penghargaan dari implementasi e-gov ini, setidaknya untuk sebuah apresiasi atas kinerja Kanim Surabaya selama ini. Agar dalam melaksanakan tugas-tugasnya, Kanim Surabaya selalu menunjang transparansi, efektivitas, dan aksesibilitas.

“Pemanfaatan teknologi informasi persuratan dalam proses pemerintahan bertujuan untuk meningkatkan efisiensi, efektivitas, transparansi, dan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan,” katanya.

Sementara itu, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Surabaya, M. Tarmin Satiawan mengemukakan bahwa, Kanim Surabaya berkomitmen untuk mewujudkan Good Governance. Salah satu media untuk mendukung hal tersebut adalah peneraman E-Government dalam pengelolaan surat menyurat. Mengingat pentingnya peranan surat maka sudah selayaknya dilakukan penanganan khusus terhadap surat menyurat sehingga surat akan mempercepat dalam pencapaian tujuan dan terlaksananya tugas pokok yang telah direncanakan.

“Maka dengan aplikasi SISUMAKER ini sistem surat menyurat di lingkungan Kanim Surabaya akan semakin efektif serta mempercepat alur disposisi surat masuk dan keluar serta efesien karena dapat membuka dan mendisposisikan surat dimanapun berada,” ujar mantan Kepala Kanim Tanggerang ini.

Tarmin menyampaikan bahwa kinerja kami mulai dari staf hingga pimpinan dapat dilihat dan dipantau sebagai penunjang E-Kinerja, aplikasi ini akan menunjang Kanim Surabaya dalam menghadapi era paperless yaitu era dimana pemakaian kertas semakin sedikit.

“Dengan semakin sedikitnya penggunaan kertas pada instansi-instansi tentu akan mendukung program pelestarian lingkungan juga akan menghemat penggunaan anggaran,” tuturnya.

Masih dikatakan Tarmin, bahwa aplikasi ini hakikatnya merubah sistem tata kerja surat menyurat dari manual ke digital, tentu dukungan kelengkapan sarana dan prasarana IT menjadi sangat penting terutama peralatan scanner, printer, PC atau laptop serta jaringan internet.

“Kinerja berbasis IT penggunaan Aplikasi Sisumaker sangat baik dan mempermudah kita didalam pencatatan, terlebih pencarian surat masuk dan surat keluar,” pungkasnya. (Phank).

Comments
Loading...

Network LNM Media Center


This site is protected by wp-copyrightpro.com