Peduli Warga Desa Sokobanah Laok, Syaiful Bahri Pantau Jalannya Penyaluran Bansos

0 82

Sampang, Lenzanasional.com – PJ. Kepala Desa (PJ.Kades) Sokobanah Laok Syaiful Bahri melakukan pemantauan jalannya penyaluran Bantuan Sosial (Bansos) di Balai Desa, Kamis, (24/11/2022).

Hal ini menindaklanjuti intruksi dan arahan dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI yang mengubah mekanisme penyaluran Bantuan Sosial (Bansos) berupa Bantuan Pangan Non Tunai (BLT BBM) dan BPNT.

Sekaligus bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) Pertriwulan pada tahun 2022 ini, yakni para Keluarga Penerima Manfaat (KPM) tidak lagi menerima bahan makanan. Namun berupa, uang tunai yang di distribusikan melalui PT Pos Indonesia.

Hal ini disampaikan PJ. Kepala Desa (PJ. Kades) Sokobanah Laok Syaiful Bahri. kepada wartawan, Sabtu, (26 November 2022) di kediamannya.

Dijelaskannya, para penerima manfaat membelanjakan sendiri uang itu di warung sembako. Terlebih, warungnya bebas memilih, asalkan sesuai dengan Pedoman Umum (Pedum) yang dikeluarkan Kementerian Sosial.

“Penyaluran BPNT Oleh PT. Pos Indonesia Cabang Kec. Sokobanah di Desa Sokobanah laok, berjalan lancar,” kata Syaiful.

Tujuannya, kata Syaiful, untuk mempermudah PT. Pos Indonesia dalam penyaluran BPNT BLT BBM dan PKH kepada KPM di Desa Sokobanah laok.

“Pihak PT. Pos Indonesia berkomunikasi dengan Pemdes Sokobanah Laok, untuk memberikan undangannya kepada masyarakat setempat,” paparnya.

Dikesempatan ini, PJ. Kades Sokobanah Laok juga menyampaikan bahwa, penyaluran BLT BBM periode tahap dua berjalan dengan lancar. Menurutnya, ada tiga bentuk bantuan yang disalurkan. Yakni, BLT BBM, BPNT, dan PKH.

“Untuk diketahui, Bantuan tersebut bagian dari program pemberian bantuan sosial bersyarat kepada Keluarga Miskin (KM) yang ditetapkan sebagai penerima PKH,” tukasnya.

Lebih dalam Syaiful menguraikan, hal ini sebagai upaya percepatan penanggulangan kemiskinan.

Penyaluran Bansos BLT BBM, BPNT dan PKH di Desa Sokobanah Laok, kata Syaiful, Alhamdulillah berjalan lancar sesuai dengan prosedur dan tepat sasaran.

“Seperti kita ketahui bersama, terlihat antusiasnya warga (KPM) saat menerima bantuan,” katanya.

Masih kata PJ.Kades Sokobanah Laok, sebanyak 200 jiwa yang terdaftar sebagai penerima bantuan di Desa Sokobanah Laok.

“Alhamdulillah hadir semua,” ujarnya.

Dia pun berharap, kedepannya dapat memberi pelayanan yang lebih maksimal lagi untuk Masyarakat Desa Sokobanah laok. “Dengan begitu fungsi perangkat Desa bisa dirasakan oleh masyarakat dan desa sokobanah laok lebih baik dan maju,” pungkasnya. (Anam)

Comments
Loading...

This site is protected by wp-copyrightpro.com