HUT RI ke-77, Ini Harapan Ketua Umum KNPI Ilyas Indra Kepada Generasi Muda Indonesia

0 127

SURABAYA, Lenzanasional – Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Dr Ilyas Indra menegaskan, bahwa generasi muda yang ada saat ini, baik itu generasi Z maupun generasi milenial yang berjumlah hampir 150 juta menjadi persoalan bangsa Indonesia.

“Mengapa menjadi persoalan, sebab masih banyaknya pengangguran dari kalangan pemuda. Hal itu lantaran tidak dimilikinya kreatifitas, rendahnya mentalitas. Sehingga tidak memiliki kemandirian ekonomi apalagi untuk meraih pendidikan yang tinggi. Persoalan itu berbeda dengan para pemuda terdahulu yang heroik dalam rangka meraih kemerdekaan,” ujar Ilyas Indra saat menjadi pemateri Bela Negara Pemuda di Pangkalan TNI Angkatan Laut V Surabaya, jelang peringatan HUT RI ke-77, Selasa (16/8/2022).

Ilyas mengimbau kepada pemuda Indonesia harus memiliki kreatifitas yang tinggi dan dapat mengejawantahkan cita-cita luhur founding fathers (pendiri bangsa) sehingga dapat mengatasi permasalahan khususnya di bidang ekonomi.

Pemuda Indonesia diharapkan tidak lagi menjadi beban negara, akan tetapi sebagai kader pemimpin bangsa yang memiliki kualitas SDM unggul dalam rangka menyongsong Indonesia emas 2045.

Menurut dia, cara paling yang paling efektif agar generasi muda Indonesia memiliki kemandirian secara ekonomi adalah dengan menjadi entrepreneur dan berbisnis. Diantaranya memulai bisnis hobinya.

“Contoh, bila senengnya di event maka bukalah bisnis event organizer, bila sukanya di musik, jadikan keahlian musik menjadi bisnis, atau manfaatkan digital di era sekarang untuk berbisnis,” katanya.

Seperti diketahui, peserta Bela Negara tersebut adalah para pemuda dan mahasiswa dari perguruan tinggi di wilayah Jawa Timur.

Dan di akhir acara, Ilyas Indra yang merupakan motivator entrepreneur itu menyempatkan untuk melakukan sesi foto bersama dengan Asisten Potensi Maritim Lantamal V Kolonel Laut Eko Harianto, mewakili Kepala Lantamal V TNI angkatan Laut.

Comments
Loading...

This site is protected by wp-copyrightpro.com