Lenza Nasional | Lenza Nasional | Profesional Membidik Fakta

Profesional Membidik Fakta

Dir Intaltuskim : Kanim Tanjung Perak Jadi Percontohan Pelayanan Investor Asing

0296

Surabaya,LenzaNasional.com – Dalam era globalisasi dan pasar bebas saat ini, pergerakan investasi, modal, dan tenaga kerja antar negara tidak dapat terhindarkan. Saat ini Indonesia tidak bisa menghindar dari persaingan ekonomi global. Hal tersebut terjadi seiring dengan telah diberlakukannya perdagangan bebas di kawasan Asia Tenggara, bahkan dunia.

Sebagai negara berkembang, peluang investasi di Indonesia cukup besar dan menguntungkan. Banyak sektor penting di Indonesia membutuhkan investasi asing untuk berkembang seperti sektor properti, transportasi, dan pariwisata yang mulai berkembang dalam beberapa tahun terakhir.

Konsekuensi adanya investasi asing, otomatis akan ada penggunaan Tenaga Kerja Asing (TKA). Disinilah peran penting Imigrasi didalam melakukan pelayanan keimigrasian dan pengawasan terhadap keberadaan orang asing di tanah air.

Direktur Izin Tinggal Keimigrasian (Dir. Intaltuskim) Direktorat Jenderal Imigrasi Yudanus Dekiwanto, mengatakan bahwa, salah satu pelayanan publik yang dianggap menghambat masuknya investasi asing adalah pelayanan keimigrasian, khususnya penerbitan izin tinggal terbatas.

“Maka dalam menjawab tantangan itu, Kanim Kelas I Tanjung Perak menerapkan inovasi ruang pelayanan khusus orang asing. Ruang pelayanan kepada orang asing ini dinilai lebih efektif dan efesien,” kata Yudanus saat melakukan kunjungan ke Kanim Kelas I Tanjung Perak, Rabu (25/7/18).

Baca : Terbit Perpres 20/2018, Ditjen Imigrasi Internalisasi Kebijakan Teknis Izin Tinggal Keimigrasian

Direktur Intaltuskim mengapresiasi kinerja dari Kepala Kanim Tanjung Perak dalam mendukung pembangunan Negara terkait hal investasi asing. Ia mengatakan dengan adanya penyediaan ruang pelayanan khusus orang asing sangat membantu para WNA untuk tidak mengantre terlalu lama. Jadi, proses pelayanan izin bagi mereka bisa lebih cepat, sehingga tidak menghambat para investor asing yang akan menanamkan modal di Indonesia.

“Kanim Tanjung Perak menjadi percontohan bagi Kantor Imigrasi lainnya, sebab, inovasi penyediaan ruang pelayanan khusus orang asing ini merupakan yang pertama di Indonesia,” pujinya.

Pada kesempatan tersebut, Yudanus juga melihat beragam fasilitas yang tersedia di ruang ini, mulai dari kursi pemohon yang nyaman, televisi, dan mesin pembuatan kopi disediakan gratis untuk para pengunjung. Selain beragam fasilitas, waktu pelayanan proses penerbitan izin tinggal juga banyak dipangkas, sehingga prosesnya lebih cepat.

Dalam kunjungannya tersebut, Direktur Intaltuskim Yudanus Dekiwanto di dampingi oleh Kepala Divisi Keimigrasian Jawa Timur Zakaria, dan Kepala Kanim Kelas I Tanjung Perak Romi Yudianto, beserta jajaran Kanim Tanjung Perak. (Phank).

Comments
Loading...

Network LNM Media Center


This site is protected by wp-copyrightpro.com