Lenza Nasional | Lenza Nasional | Profesional Membidik Fakta

Profesional Membidik Fakta

Konsultasi Implementasi Resmi Ditutup, Kadiv Imigrasi Jatim : Semoga Dapat Hasil Formulasi Kebijakan Keimigrasian

0276
Kadiv Imigrasi Wilayah Kemenkumham Jatim Zakaria, saat menutup resmi kegiatan Konsultasi Implementasi Kebijakan dan Peraturan Ditjen Imigrasi Tahun Anggaran 2018, di Hotel Novotel Surabaya.

Surabaya,LenzaNasional.com – Tantangan terus bermunculan seiring dengan perkembangan dalam dinamika masyarakat, maupun penyederhanaan dalam birokrasi yang dilakukan oleh pemerintah selama ini.

Untuk mengatasinya dibutuhkan kemampuan organisasi untuk memberikan respons yang cepat dan positif, melalui penyusunan dan pelaksanaan kebijakan dan peraturan tepat sesuai dengan kebutuhan dilapangan.

Menjawab tantangan itu, Direktorat Jenderal Imigrasi telah melaksanakan Kegiatan Konsultasi Implementasi Kebijakan dan Peraturan Tahun Anggaran 2018, dalam rangka mempersiapkan peraturan yang berkualitas dan implementatif yang akan menjadi pedoman dan dasar penyelenggaraan tugas dan fungsi. Kegiatan yang beberapa waktu lalu resmi dibuka oleh Kepala Divisi Keimigrasian Wilayah Kemenkumham Jawa Timur, Zakaria, dilaksanakan selama 3 hari di Hotel Novotel Surabaya.

Kepala Divisi Keimigrasian Wilayah Kemenkumham Jawa Timur, Zakaria, dalam sambutannya mewakili Kepala Kantor Wilayah yang sekaligus menutup dengan resmi kegiatan tersebut mengatakan bahwa, pembuatan keputusan atau kebijaksanaan bukan merupakan pekerjaan yang mudah dan sederhana. Oleh karena itu Direktorat Jenderal Imigrasi menyelenggarakan kegiatan ini untuk mendapatkan masukan, gagasan, kritik maupun saran dalam implementasi kebijakan dan peraturan keimigrasian.

“Karena implementasi merupakan salah satu tahapan yang penting dalam siklus kebijakan. Implementasi kebijakan jangan dianggap hanya merupakan pelaksanaan dari hal-hal yang telah diputuskan, seolah olah kegiatan ini kurang berpengaruh, akan tetapi dalam kenyataannya tahapan ini menjadi begitu penting,” ucap Zakaria, Jumat (27/7/18).

Menurutnya, karena suatu kebijakan tidak akan berarti jika tidak dilaksanakan dengan baik. Dengan kata lain implementasi merupakan tahapan suatu kebijakan dilaksanakan secara maksimal, dan dapat mencapai tujuan dibuatnya kebijakan tersebut. Semoga dari kegiatan ini akan mendapatkan hasil kebijakan dengan formulasi kebijakan yang akan dituangkan dalam peraturan Menteri Hukum dan HAM, yang memuat pertimbangan, penetapan atau keputusan hingga aturan tambahan.

“Saya bangga kepada saudara-saudara yang telah berpartisipasi aktif, untuk memberikan pemikiran yang berharga, yang akan digunakan sebagai bahan masukan baik pimpinan di Ditjen Imigrasi dalam menyusun kebijakan dan peraturan keimigrasian selanjutnya,” tuturnya.

Baca : Kadiv Imigrasi Jatim Buka Kegiatan Konsultasi Implementasi Kebijakan dan Peraturan Ditjen Imigrasi Tahap II

Baca : Kadivim Jatim : Perpres TKA Berikan Kemudahan dan Penyederhanaan Prosedur Keimigrasian

Zakaria mengharapkan kepada seluruh peserta yang telah mengikuti kegiatan ini, agar bisa berbagi ilmu kepada rekan-rekan yang ada di masing-masing satuan kerja tempatnya bertugas.

“Terima kasih kepada panitia, atas usaha dan jerih payahnya, sehingga kegiatan ini berhasil dilaksanakan sesuai dengan rencana,” kata Zakaria diakhir sambutannya.

Sementara itu, Kepala Bagian Penyusunan Program dan Pelaporan Direktorat Jenderal Imigrasi, Eko Budianto sebagai ketua panitia acara mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk menyerap aspirasi, gagasan, informasi, serta kendala-kendala dari implementasi kebijakan itu sendiri dilapangan.

“Masukan, gagasan, dan pemikiran para peserta kegiatan ini dapat sebagai bahan pertimbangan maupun koreksi bagi penyempurnaan Peraturan yang telah ada di Ditjen Imigrasi,” ucap Eko.

Eko juga menambahkan bahwa, pelaksanaan kegiatan ini diikuti lebih dari 105 orang pejabat Imigrasi dari perwakilan Kantor Imigrasi, Divisi Keimigrasian, Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) seluruh Indonesia. (Phank).

Comments
Loading...

Network LNM Media Center


This site is protected by wp-copyrightpro.com