TIM UNESA Bekali Guru Dengan Skill Merancang dan Membelajarkan Anak Usia Dini

0 42

Surabaya, Lenzanasional.com – Kemajuan zaman menuntut sejumlah perubahan dalam dunia pendidikan. Salah satunya perancangan pembelajaran yang dulunya manual kini dituntut Berbasis Digital. Ini juga berlaku bagi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Mau tidak mau, Guru PG – PAUD harus beradaptasi dengan tuntutan perubahan tersebut.

Berdasarkan temuan Tim Dosen PG – PAUD UNESA, masih banyak Guru di Kecamatan Prigen , Kabupaten Pasuruan yang kesulitan merancang dan melaksanakan pembelajaran berbasis literasi untuk Anak Usia Dini.

Guna membekali para Guru tersebut dengan kemampuan perancangan dan pelaksanaan pembelajaran PG PAUD yang menarik dan menyenangkan. Tim Dosen Prodi PG – PAUD Universitas Negeri Surabaya ( UNESA ) melaksanakan pendampingan pembuatan Pembelajaran Berbasis Literasi untuk guru PAUD di Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan mulai Agustus 2022 lalu.

“Pelaksanaan pendampingan ini merupakan Implementasi dari salah satu tugas Tri Dharma Dosen yaitu melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat,” ujar Dosen pelaksana pendampingan, Melia Dwi Widayanti, M.Pd.

Pelatihan yang berlangsung di Tretes – Pandaan, diikuti sebanyak 25 Guru PAUD yang tergabung dalam Himpunan Pengajar PAUD Kecamatan Pandaan ( HIMPAUDI Pandaan ). Dengan narasumber dalam kegiatan ini. Yakni, Melia Dwi Widayanti, M.Pd., Dewi Komalasari, M.Pd., dan Dr. Ruqoyyah Fitri, M.Pd.

Adapun materi yang disampaikan adalah mengenai Pengantar Pembelajaran Literasi, bagaimana menyusun pembelajaran Berbasis Literasi, dan juga Guru diberikan waktu untuk merancang media yang sesuai untuk Pembelajaran Berbasis Literasi pada lingkup PAUD. Perancangan Media dilakukan oleh Guru secara berkelompok.

Pelatihan ini menghasilkan tambahan pemahaman pada Guru PAUD di Kecamatan Pandaan berkaitan dengan penyusunan Pembelajaran Berbasis Literasi dan juga Media yang dapat digunakan untuk Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Literasi untuk PAUD.

“Semoga dengan Pelatihan dan Pendampingan ini para Guru Kreatif Merancang dan Melaksanakan pembelajaran sehingga hasil Belajar Siswa bisa Efektif dan Maksimal,” harapnya. (Hum/Gus)

Comments
Loading...

This site is protected by wp-copyrightpro.com