Kloter Terakhir Jemaah Haji Akhirnya Tiba di Tanah Air, Disambut Langsung Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawarsa

0 35

Surabaya,Lenzanasional.com – Kloter terkahir jemaah haji embarkasi Surabaya akhirnya tiba di tanah air, Sabtu (13/8/2022). Kedatangan kloter 38 ini disambut langsung oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di Asrama Haji.

Tak hanya menyambut, namun di nuansa jelang peringatan Hari Kemerdekaan RI yang ke 77, Gubernur Khofifah membagikan bendera merah putih pada seluruh jemaah haji tersebut.

Pasalnya, ia ingin agar 244 jemaah haji yang baru pulang haji tersebut mengibarkan bendera merah putih di rumahnya masing-masing. Menurutnya ini adalah bentuk penguatan nasionalisme di tengah nuansa religius.

“Jadi kali ini Kita berbagi bendera merah putih. Saya berpesan supaya dikibarkan di kediaman masing-masing,” kata Gubernur Khofifah, saat wawancara dengan media.

Ia menyampaikan bahwa pembagian bendera merah putih ini adalah bagian dari gerakan nasional membagikan 20 juta bendera.

Bersama elemen vertikal, maupun pada jajaran kepala desa, lurah, hingga kepala daerah, ia juga aktif berpesan agar gerakan berbagi bendera dilakukan guna menyemarakkan HUT Kemerdekaan RI yang ke 77.

Khofifah menjelaskan, berbagi bendera kepada para jemaah haji adalah penguatan nilai Pancasila sila pertama yang dibangun dari pelaksanaan ibadah haji dan cinta tanah air yang dimanifestasikan dari pembagian bendera merah putih.

“Kita bangun semaksimal mungkin di negeri ini, bahwa mandat dari sila pertama Pancasila yaitu Ketuhanan yang Maha Esa yang artinya bahwa proses cinta tanah air harus diikuti dengan bagaimana penguatan dari sisi religiusitas dan spiritualitas,” jelasnya.

Sebagaimana diketahui, jemaah haji yang diberangkatkan dari embarkasi Surabaya berjumlah 16.835 orang jamaah haji. Kemudian yang telah kembali pulang ke tanah air melalui 38 kloter ada 16.809 orang jemaah haji.

Sebanyak 23 jamaah haji embarkasi Surabaya telah wafat saat menjalankan ibadah haji di tanah suci, dan 3 orang jemaah haji saat ini tengah sakit. Dan 2 orang diantaranya tengah menjalani perawatan di rumah sakit Arab Saudi dan 1 orang menjalani perawatan di Rumah Sakit Haji Surabaya.

“Bagi jemaah yang wafat, kita sampaikan duka cita, innalillahiwainnailaihirojiun kita semua ikut berbela sungkawa mudah-mudahan semua dipanggil dalam keadaan khusnul khotimah dan semua dimasukkan ke dalam surganya Allah,” ucapnya.

“Dan mereka yang sakit semoga segera diberikan kesembuhan oleh Allaah subhanahu wa ta’ala,” imbuhnya.

Dalam menyambut kedatangan jemaah haji kloter terakhir ini, Khofigah juga memastikan bahwa skrining kesehatan dan covid-19 tetap berjalan. Guna memastikan bahwa yang pulang ke rumahnya masing-masing dalam kondisi sehat.(ART)

Comments
Loading...

This site is protected by wp-copyrightpro.com